Inilah Makanan yang Harus Dihindari Setelah Olahraga

Torie Natalova    •    Senin, 30 Jul 2018 15:31 WIB
kesehatan
Inilah Makanan yang Harus Dihindari Setelah Olahraga
Beberapa jenis makanan yang harus dihindari setelah olahraga seperti berikut. (Foto: Stefan Johnson/Unsplash.com)

Jakarta: Saat berolahraga, Anda menguras energi tubuh dan otot-otot juga bekerja keras. Para ahli gizi pun menyarankan setelah olahraga untuk mengisi ulang energi tubuh dalam waktu satu jam.

Tapi ada makanan atau minuman yang baik dan buruk untuk dikonsumsi setelah olahraga. Dilansir dari Redonline, beberapa jenis makanan yang harus dihindari setelah olahraga seperti berikut ini:

1. Wafer energi yang diproses
Hindari camilan atau wafer energi yang mengandung pemanis buatan, gula rafinasi, atau kadar gula alami yang tinggi. Sebagai gantinya, pilih pisang atau buah beri dengan segenggam kacang untuk menambah energi yang hilang.

(Baca juga: Lima Camilan Ini Bagus Dikonsumsi Setelah Berolahraga)

2. Makanan rendah karbohidrat
Selain protein, karbohidrat juga penting untuk memulihkan tubuh setelah olahraga. Karbohidrat akan membantu memulihkan glikogen yang hilang selama olahraga. Stroberi, pisang, bluberi dan kiwi, adalah buah-buahan yang juga merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik.

3. Minuman olahraga
Pakar nutrisi tidak menyarankan Anda mengonsumsi minuman isotonik atau minuman olahraga kecuali Anda seorang atlet profesional yang berlari maraton.

"Minuman tersebut tingi gula, pemanis, dan bahan kimia," sebut Amy Wright seorang Integrative Nutrition Health Coach yang juga bekerja bersama Itsu.

4. Makanan asin yang diolah
Biasanya, setelah olahraga Anda ingin mengonsumsi makanan air karena tubuh kehilangan air dan potasium melalui keringat. Tapi, sebaiknya pilih pisang yang kaya potasium serta air putih.

5. Gorengan
Hindari makanan yang digoreng karena kandungan lemak yang tinggi dapat memperlambat proses pencernaan dan dapat membuat Anda lesu. Pilih makanan yang dikukus atau panggang untuk mengisi kembali energi tubuh.

6. Kafein
Minum kopi sebelum olahraga bisa memberi dorongan energi dan dapat meningkatkan kinerja saat olahraga. "Tapi, kafein dapat meningkatkan hormon stres tubuh yang jika terus meningkat dapat memicu masalah kardiovaskular, kekebalan tubuh dan ketidakseimbangan hormon," sebut laman yang sama.

7. Tidak makan
Saat diet, Anda mungkin menghindari makan setelah olahraga. Tapi, pakar menegaskan sangat penting untuk makan setelah olahraga karena tubuh memerlukan energi kembali setelah hilang saat berolahraga.





(TIN)