Mengenal Manfaat Kolostrum, ASI Pertama yang Dihasilkan Ibu setelah Melahirkan

Raka Lestari    •    Rabu, 25 Jul 2018 12:29 WIB
tips kesehatan
Mengenal Manfaat Kolostrum, ASI Pertama yang Dihasilkan Ibu setelah Melahirkan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kolostrum atau ASI pertama kali yang dihasilkan wanita yang baru saja melahirkan memiliki manfaat luar biasa bagi bayi. Itu sebabnya, kolostrum disebut superfood karena menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan bayi di hari pertama kehidupannya. 

Dilansir dari HealthyChildren, kolostrum dengan warna kekuningan berfungsi melindungi tubuh dari infeksi. Kolostrum mengandung sejumlah besar antibodi yang disebut secretory immunoglobulin (IgA) yang membantu melindungi selaput lendir di tenggorokan, paru-paru, dan usus bayi. Selain itu, kolostrum juga mengandung leukosit yang berfungsi melindungi bayi dari virus berbahaya dan bakteri. 

Meski begitu banyak manfaat kolostrum, wanita yang baru melahirkan umumnya hanya menghasilkan kolostrum dalam jumlah yang sedikit. 

Selama 24 jam setelah lahir, rata-rata seorang wanita yang baru melahirkan akan menghasilkan 37 ml kolostrum, sementara bayi rata-rata mengonsumsi 7-14 ml setiap kali menyusui. 

Selain jumlahnya yang kecil, kolostrum juga dihasilkan dalam waktu yang terbatas, hanya sekitar dua hingga lima hari. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak menghasilkan kolostrum sama sekali setelahnya, hanya saja tubuh akan memproduksi apa yang dinamakan 'susu transisional' dimana ASI akan bercampur dengan kolostrum yang akan dihasilkan sekitar 10-14 hari. 




(DEV)