Kebiasaan Ini Dilakukan Orang dengan Kecerdasan Emosional yang Tinggi

Raka Lestari    •    Rabu, 13 Jun 2018 07:31 WIB
psikologi
Kebiasaan Ini Dilakukan Orang dengan Kecerdasan Emosional yang Tinggi
Salah satu tanda kecerdasan emosi adalah tingkat kesadaran diri yang tinggi. (Foto: Alex Kotliarskyi/Unsplash.com)

Jakarta: Orang-orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi cenderung memiliki beberapa kebiasaan yang sama, yang semuanya menjadi nilai tambah bagi mereka dan membuat mereka mudah bergaul. 

Ciri-ciri ini juga membuat mereka cenderung mendapatkan rasa hormat dari lingkungan sekitarnya. Dan sebagai hasilnya, mereka biasanya sangat disukai dan sangat sukses.

Dikutip dari Bustle, berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang umumnya sering dilakukan oleh mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi.

1. Mereka senang mendengarkan orang lain
Ada perbedaan besar antara seakan-akan sedang mendengarkan seseorang, dan benar-benar mendengar apa yang mereka katakan. Dan orang yang cerdas secara emosional akan benar-benar mendengarkan orang lain. 

"Anda akan tahu jika Anda berbicara dengan seseorang dengan kecerdasan emosional yang tinggi, karena apa pun yang Anda bicarakan, Anda akan merasa bahwa mereka benar-benar mendengarkan," kata konselor hubungan Raffi Bilek, LCSW-C, direktur Baltimore Therapy Center. 

"Mereka tahu bagaimana menanggapi, bahasa tubuh mereka mencerminkan minat dan kepedulian mereka dan Anda akan merasa terhubung secara emosional dengan mereka."

(Baca juga: Selain Stres, Empat Keadaan Psikologis Ini Bisa Menular)


(Orang-orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi cenderung memiliki beberapa kebiasaan yang sama, yang semuanya menjadi nilai tambah bagi mereka dan membuat mereka mudah bergaul. Foto: rawpixel.com/Unsplash.com)

2. Mereka sangat sadar diri
Salah satu tanda kecerdasan emosi adalah tingkat kesadaran diri yang tinggi. "Ini berarti, mereka akan sangat menyadari kekuatan dan kelemahan seseorang, dan dapat mengadopsi keterampilan atau pola pikir untuk mengungguli orang lain untuk berkembang secara sosial," kata Dr. Neo.

3. Mereka tidak takut perubahan
Orang-orang dengan kecerdasan emosi yang tinggi tahu bahwa dunia mereka selalu berubah. Dan mereka setuju dengan itu. "Seseorang dengan kecerdasan emosional tidak membiarkan dirinya terjebak oleh hal-hal menyakitkan di dunia atau masa lalu mereka," kata Dr. Neo. Mereka memiliki prinsip "ubah apa yang tidak dapat Anda terima; terima apa yang tidak dapat Anda ubah," katanya. 

4. Mereka tidak takut mengatakan 'tidak'
Orang yang cerdas secara emosional tahu kapan waktu yang tepat untuk mengatakan tidak kepada orang lain dan mereka ingin orang lain menghormati batasan mereka. 

"Ketika kita tidak bisa dengan tegas mengatakan 'tidak' itu berarti kita memiliki batas-batas lemah yang dapat dengan mudah terkikis, menyebabkan kita rentan terhadap penindasan, atau orang-orang negatif, dan bahkan mulai menyalahkan diri sendiri," ujar Dr. Neo

5. Mereka menjauh dari situasi-situasi negatif
Mereka dapat membaca orang, menilai mereka dengan cara yang sehat, dan membedakan apakah mereka menginginkannya dalam hidup mereka atau tidak. 

"Mereka tahu bahwa ketegasan tidak membuat Anda menjadi orang jahat," kata Dr. Neo. "Dan dengan membedakan apakah seseorang akan memberikan dampak buruk atau baik tidaklah jahat. Itu bisa melindungimu dan meningkatkan pertumbuhanmu."





(TIN)