Mengenal Beberapa Kanker Anak

   •    Kamis, 15 Feb 2018 16:24 WIB
hari kanker anak internasional
Mengenal Beberapa Kanker Anak
Terminologi “Kanker Anak” biasanya digunakan pada diagnosis kanker yang terjadi pada anak sampai usia 18 tahun. (Foto: Andrik Langfield Petrides/Unsplash.com)

Jakarta: Terminologi “Kanker Anak” biasanya digunakan pada diagnosis kanker yang terjadi pada anak sampai usia 18 tahun. Kanker pada anak antara lain Leukemia, Retinoblastoma, Kanker Otak atau Tumor Otak, Kanker tulang belakang, Neuroblastoma, dan Nefroblastoma.

Berikut ini adalah beberapa gejala dari kanker pada anak.

1. Leukemia
Leukemia atau disebut kanker darah merupakan kanker yang paling banyak dijumpai pada anak-anak. Gejala antara lain pucat, demam atau pendarahan yang tidak jelas sebabnya, nyeri tulang, dan pembengkakan perut.

Data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2013) menyebutkan bahwa Leukimia merupakan penyakit kanker yang sering diderita oleh anak-anak dengan jumlah 2,8 per 100.000. Menurut dr. Endang Windiastuti, SPA, pakar kanker anak RSCM, mengatakan bahwa kasus terbanyak sekitar 60 persen dari kasus kanker anak adalah leukemia akut.


(Kanker pada anak antara lain Leukemia, Retinoblastoma, Kanker Otak atau Tumor Otak, Kanker tulang belakang, Neuroblastoma, dan Nefroblastoma. Foto: Caleb Woods/Unsplash.com)

2. Retinoblastoma
Retinablastoma adalah kanker pada retina mata. Gejalanya antara lain adanya bercak putih di bagian tengah mata yang seolah bersinar bila kena cahaya seperti mata kucing, mata merah dan nyeri, korea mata membesar, radang pada jaringan bola mata, penglihatan buram, dan juling.

Dalam Riskesdas 2013 angka Retinablastoma dialami anak sebesar 2,4 per 100.000. Menurut dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA, IBCLC, Retinoblastoma merupakan jenis kanker yang terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun.

(Baca juga: Jumlah Anak Penderita Kanker di Negara Berkembang Lebih Tinggi)

3. Kanker Otak atau Tumor Otak
Tumor pada otak dapat mengganggu fungsi dan merusak struktur sususan saraf pusat, karena terletak di dalam rongga yang terbatas (rongga tengkorak). Gejalanya antara lain sakit yang disertai mual sampai muntah-muntah, daya penglihatan berkurang, serta penurunan kesadaran atau perubahan perilalku. Menurut data Rumah Sakit Dharmais kanker otak atau tumor otak menempati urutan ke-4 dalam hal angka kejadian anak.

4. Kanker Tulang belakang
Kasus kanker tulang belakang yang paling banyak terjadi adalah kanker berasal dari bagian tubuh lain dan menyebar ke tulang belakang (metastasis). Gejalanya antara lain nyeri pada leher atau punggung secara terus menerus, merasakan kelemahan untuk berjalan, membawa ataupun berpegangan, berkurangnya kepekaan. Faktanya salah satu penyakit terlangka di dunia dengan kasus hanya 2-3 orang per 100.000 jiwa.


(Dalam Riskesdas 2013 angka Retinablastoma dialami anak sebesar 2,4 per 100.000. Menurut dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA, IBCLC, Retinoblastoma atau kanker pada retina mata merupakan jenis kanker yang terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun. Foto: Kelly Sikkema/Unsplash.com)

5. Neuroblastoma
Neuroblastoma adalah suatu gejala jenis kanker saraf yang dapat menunjukkan banyak gejala, tergantung pada lokasinya. Neuroblastoma dapat terjadi di daerah leher atau rongga dada dan mata, tulang belakang, daerah perut akan teraba bisa sudah besar.

Gejalanya antara lain, bagian dada gejala berupa nyeri di dada, sesak napas disertai mengi, dan perubahan pada mata (ukuran pupil menjadi berbeda dan kelopak mata turun). Faktanya kanker jenis ini menyumbang 6 persen dari keseluruhan kanker anak dan terjadi pada bayi dan anak yang berumur kurang dari 10 tahun.

Saraf tulang belakang bagian tubuh bawah bisa menjadi lemah, mati rasa, atau mengalami gangguan pergerakan, daerah perut nyeri perut, konstipasi, diare, dan kulit perut yang terasa keras apabila disentuh.

Selain itu leher munculnya benjolan di bagian tersebut yang dapat terlihat sebagai benjolan kebiruan di kulit. Tulang terasa ngilu dan nyeri di bagian tulang, atau bahkan menjadi sulit berjalan. Beberapa gejala lainnya demam, hilang nafsu makan, dan penurunan berat badan.

6. Nefroblastoma 
Nefroblastoma adalah kanker yang menyerang anak yang berawal dari ginjal atau dikenal Tumor Wilms. Nefroblastoma adalah penyakit yang sangat langka dan umumnya ditemukan pada anak berusia 3-4 tahun.

Gejalanya antara lain, pembengkakan atau nyeri perut, darah pada urine, sembelit, demam, tekanan darah tinggi, mual dan kehilangan nafsu makan, rasa tidak enak di dalam perut dan bila sudah cukup besar teraba keras, dan sesak nafas.

Menurut Ahli Pantologi Jerman, Paul Grawitz, Tumor Wilms merupakan tumor ginjal padat yang sering dijumpai pada anak dibawah umur 10 tahun dan merupakan kira-kira 10 persen keganasan pada anak (Grawitz, Paul, 1850-1932, ahli patologi, Jerman).









(TIN)