Rahasia dari Menyusui yang Perlu Diketahui

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 13 Feb 2018 16:47 WIB
kesehatan
Rahasia dari Menyusui yang Perlu Diketahui
Seperti dikatakan para ahli, menyusui adalah proses belajar antara ibu dan anak. Maka perlu banyak sabar dan mungkin perlu beberapa hari sampai berminggu-minggu untuk menguasainya. (Foto: Dakota Corbin/Unsplash.com)

Jakarta: Menyusui menjadi salah satu proses pendekatan ibu dan bayi secara alami. Namun bagi beberapa orang, menyusui merupakan tantangan tersendiri, dan ibu menyusui (busui) pun harus sabar saat mengalaminya.

Konsultan Laktasi di Mamma Mia, Fortiz Memorial Research Institute memberikan beberapa tips yang perlu diingat busui. 

1. Kolostrum
Pertama, busui disarankan untuk menyusui satu jam pertama setelah melahirkan. Sebab pada saat itu, payudara menghasilkan kolostrum atau susu pertama. Meskipun jumlah nutrisinya masih kecil, namun mencukupi kebutuhan bayi baru lahir.

2. Asupan makanan
Disarankan juga untuk sering makan untuk menyuplai produksi ASI. Anda perlu menyadari bahwa semakin jarang Anda menyusui, semakin sedikit air susu yang diproduksi. Pastikan Anda makan dengan nutrisi yang baik, ditambah lagi makan asupan yang mempengaruhi produksi ASI dan istirahat yang cukup. Kedua hal ini dibutuhkan bagi ibu menyusui saat tubuh mengubah kalori menjadi susu.

(Baca juga: Stres saat Menyusui? Lakukan Hal Berikut)

3. Menyusui dari garis areola
Pastikan bahwa ketika mulut bayi tak mau terbuka, mulutnya harus menyerap bagian payudara yang paling gelap, misalnya areola. Karena bayi akan meremas saluran susu di bawah area tersebut untuk mendapatkan ASI. Jika bayi hanya menghisap puting susu, akan mencubit dan menyakiti Anda. Selain itu, bayi Anda tidak akan bisa mendapatkan banyak susu.


(Seperti dikatakan para ahli, menyusui adalah proses belajar antara ibu dan anak. Maka perlu banyak sabar dan mungkin perlu beberapa hari sampai berminggu-minggu untuk menguasainya. Foto: Courtesy of Indianexpress.com)

4. Satu payudara
Jangan terburu-buru menawarkan payudara kedua. Disarankan sebaiknya Anda membiarkan bayi sudah terampil menyusui pada payudara pertama, baru kemudian tawarkan yang kedua (sisi sebelahnya). Banyak bayi memilih satu payudara usai persalinan, namun tak jarang juga yang lebih condong ke payudara kedua. 

5. Sabar menyusui
Seperti dikatakan para ahli, menyusui adalah proses belajar antara ibu dan anak. Maka perlu banyak sabar dan mungkin perlu beberapa hari sampai berminggu-minggu untuk menguasainya.

6. Bayi kenal lingkungan baru
Selama minggu pertama, bayi nampaknya lapar sepanjang waktu. Ketika bayi berusaha berkenalan dengan lingkungan baru dan seringnya menyusui tidak hanya akan membuatnya menyesuaikan diri. Melainkan juga memacu diri Anda untuk berupaya menambah pasokan ASI untuk memenuhi permintaan buah hati.

7. Bantuan bila diperlukan
Menyusui lebih mudah dengan bantuan yang tepat. Bagi ibu yang baru menyusui, disarankan untuk mencari bantuan dari ahli jika kesulitan menyusui. 











(TIN)