Ini Alasan Anda Terus Kelaparan Setelah Diet

Torie Natalova    •    Senin, 12 Feb 2018 16:31 WIB
kesehatandiet
Ini Alasan Anda Terus Kelaparan Setelah Diet
Sebuah penelitian baru menyoroti beberapa orang yang merasa kesulitan menahan berat badan tetap di angka yang sama setelah diet. (Foto: Mc Jefferson Agloro/Unsplash.com)

Jakarta: Kita semua tahu betapa sulitnya mengontrol penurunan berat badan dalam jangka waktu lama. Sesekali Anda mungkin akan membebaskan diri sementara dari diet ketat yang selama ini dijalani. Tapi, tak lama dan secara perlahan kenaikan berat badan bisa terjadi lagi.

Sebuah penelitian baru menyoroti beberapa orang yang merasa kesulitan menahan berat badan tetap di angka yang sama setelah diet.

34 peserta obesitas dipantau selama program penurunan berat badan dalam penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology Endrocrinology and Metabolism. Setiap orang kehilangan berat badan pada akhir penelitian, dan hanya 20 persen yang berhasil mempertahankannya setelahnya.

Ini karena peserta memiliki kadar hormon kelaparan atau ghrelin yang lebih tinggi pada akhir penelitian. Ketika berat badan menurun, tubuh Anda memproduksi ghrelin lebih banyak. Sayangnya, kenaikan tersebut tidak menyesuaikan diri dari waktu ke waktu, karena tingkat ghrelin peserta tetap tinggi bahkan setelah dua tahun.


(Sebuah penelitian baru menyoroti beberapa orang yang merasa kesulitan menahan berat badan tetap di angka yang sama setelah diet. Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

(Baca juga: Menahan Lapar Efektif Turunkan Berat Badan?)

Peneliti Catia Martins mengatakan bahwa setiap orang memiliki hormon ini. Tapi, jika Anda kelebihan berat badan dan kemudian menurunkan berat badan, tingkat hormon ini akan meningkat.

Tim peneliti mengklaim bahwa siapapun yang kelebihan berat badan dan mengalami penurunan, harus menghadapi rasa lapar yang meningkat selama sisa hidupnya. 

Selain perubahan hormon, tim peneliti mengidentifikasi faktor lain yang membuat peserta merasa lapar yakni kemampuan biologis tubuh untuk menghemat energi.

Tim percaya bahwa orang-orang yang sebelumnya gemuk juga merasa lapar karena tubuh mencoba untuk mendapatkan kembali berat badan yang telah hilang. Hal ini karena tubuh terbiasa membutuhkan lebih banyak energi.








(TIN)