5 Tips agar Terbebas dari Bad Hair Day

Raka Lestari    •    Minggu, 24 Dec 2017 14:50 WIB
tips & trik
5 Tips agar Terbebas dari Bad Hair Day
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bad Hair Day atau rambut sulit diatur menjadi salah satu hal menyebalkan bagi wanita. Apa penyebab Bad Hair Day, dan bagaimana mencegahnya? berikut 5 tips yang dikutip dari Women's Health Magazine.

1. Cuaca 

"Udara kering pada musim dingin bisa membuat rambut lebih rentan menjadi keriting, sedangkan musim yang lebih lembab mendorong rambut menjadi lebih ikal atau melengkung," kata penata rambut Tyson Kennedy, pendiri Fatboy dan Cutler Brooklyn. 

Jika Anda tahu rambut Anda cenderung sensitif terhadap cuaca, sesuaikan produk perawatan Anda. "Di musim dingin, pastikan untuk menggunakan kondisioner yang kaya akan pelembab di ujung rambut Anda, ditambah untuk meningkatkan volume dan kepadatan pada akar rambut dengan produk seperti spray dengan tekstur kering," kata Kennedy.

2. Suhu tubuh 

Suhu internal tubuh berpengaruh banyak sama seperti suhu eksternal. 
"Jika Anda memiliki rambut yang sehat dan terasa lebih hangat dari biasanya, ini mungkin membuat Anda berkeringat lebih banyak dan meningkatkan jumlah minyak yang dihasilkan kulit kepala, membuat rambut Anda lebih berminyak dari biasanya," kata penata rambut Head & Shoulders Sunnie Brook Jones. Dia menyarankan agar menggunakan shampo kering untuk memakainya di tengah hari. 

3. Cara Anda membelah rambut 

Jika Anda telah membelah rambut Anda dengan cara yang sama selama ini, mungkin bisa dicoba untuk mengubahnya. "Saya benar-benar memperhatikan bahwa klien yang membelah rambut  yang sama untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan folikel rambut tetap datar," kata Kennedy. 

Cobalah membalik arah rambut untuk menambahkan volume dan mengangkat akar rambut. 

4. Keramas pada malam hari 

"Jika Anda sering mandi pada malam hari dan tidur dengan rambut yang masih basah, maka setiap hari akan menjadi hasil yang berbeda karena kutikula rambut Anda mengering dengan cara yang berbeda dan terpengaruh oleh kain yang Anda tidurkan," kata Jones. 

Jika Anda harus keramas pada malam hari, Jones menyarankan agar mengeringkan rambut 80 persen kering sebelum Anda pergi ke tempat tidur. 

5. Cara Anda menata rambut 

Meskipun tidak ada yang salah dengan gaya rambut andalan Anda, berulang kali menata rambut Anda dengan cara yang sama dapat menghasilkan rambut yang tidak begitu indah. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jika Anda terus-menerus memakai rambut dengan sanggul atau ekor kuda. Anda mungkin mulai melihat kerusakan di sekitar garis rambut karena rambut Anda terlalu banyak diregangkan. Sebaiknya pertimbangkan untuk selalu memberi rambut Anda berbagai variasi. 





(DEV)