Peran Besar Gaya Hidup dalam Membentuk Daya Tahan Tubuh

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 26 Oct 2017 18:25 WIB
kesehatan
Peran Besar Gaya Hidup dalam Membentuk Daya Tahan Tubuh
(Foto: Loughboroughsport)

Metrotvnews.com, Jakarta: Daya tahan tubuh atau sistem imun yang dimiliki seseorang berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. Jika daya tahan tubuh kuat, Anda tidak akan mudah terserang penyakit, begitu juga sebaliknya.

Daya tahan tubuh sendiri memiliki tiga fungsi penting, yaitu melindungi tubuh dari patogen seperti bakteri atau virus, membersihkan sel rusak atau tak sehat, serta menjaga tubuh dari partikel asing seperti polusi udara atau debu.

Pada dasarnya, daya tahan tubuh terbentuk dari aspek genetik dan aspek adaptif. Sebanyak 20-30 persen daya tahan tubuh bersifat genetik, yang mana beberapa anggota keluarga memiliki pola sakit atau sensitivitas yang sama.

"Sisanya, sebanyak 70-80 persen tergantung dari gaya hidup. Hal ini juga berperan paling penting ketika sakit," ujar pakar nutrisi Dr Matthew Lantz Baylock, PhD dalam peluncuran suplemen Airborne, Kamis (26/10/2017).

Gaya hidup yang paling menonjol terkait pembentukan daya tahan tubuh adalah pola makan. Menurut Dr Matthew, makanan sehat yang segar dan alami dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, kandungan dalam makanan juga perlu diperhatikan, makronutrien dan mikronutrien harus seimbang dan terpenuhi. Makronutrien yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak umumnya telah terpenuhi dalam keseharian. Namun, tidak selalu dengan mikronutrien yang terdiri dari vitamin dan mineral.

"Vitamin dan mineral sering tak terpenuhi. Padahal vitamin dapat membantu menjaga daya tahan tubuh karena memiliki kandungan antioksidan dalam vitamin C, A,E, dan B12," terang Dr Matthew.

Sementara, kandungan dalam mineral yang juga memiliki peran serupa adalah magnesium, mangan, selenium, dan besi.




(DEV)