Berapa Lama Harus Beristirahat ketika Flu?

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 19 Nov 2017 10:38 WIB
tips kesehatan
Berapa Lama Harus Beristirahat ketika Flu?
Istirahat ketika flu diperlukan untuk mempercepat penyembuhan (Foto: Daily Medical News)

Jakarta: Banyak orang tak mengambil izin sakit karena merasa segan untuk tak masuk kerja. Padahal, bila Anda tak mengambil cuti, maka lingkungan sekitar Anda juga bisa tertular penyakit.

Ketika kondisi semakin parah, istirahat di rumah sangat diperlukan. Berapa lama waktu yang diperlukan itu?

Sebagai aturan umum, dr Pritish K Tosh dari Mayo Clinic menyarankan untuk tetap berada di rumah selama 24 jam hingga demam turun. Sementara, untuk kesembuhan total dari penyakit yang paling sering menyerang yaitu flu, sekitar tiga hingga empat hari.

"Orang-orang bisa terinfeksi bahkan sebelum mereka mulai menunjukkan gejala. Namun penularan paling cepat terjadi saat seseorang mencapai puncak sakit, terutama saat sudah demam," ujarnya.

Kuman infeksi sering kali menyebar dari udara, saat penderita bersin atau batuk. Virus flu tersebut dapat bertahan hingga 24 jam, tergantung permukaan yang dihinggapi.

Memegang benda publik yang juga disentuh banyak orang, seperti kenop pintu, tombol lift, atau keranjang belanja, setelah menutupi bersin atau batuk dengan tangan dan mengusap hidung yang meler dapat membantu penyebaran kuman flu.

"Anda baru benar-benar tak mungkin tertular jika gejala penyakit sudah hilang," tukas David Shih, wakil presiden strategi, kesehatan dan inovasi di CityMD.




 


(DEV)