Mangga Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah?

Raka Lestari    •    Selasa, 21 Nov 2017 09:00 WIB
Mangga Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah?
Olahraga dan banyak mengonsumsi buah dan sayuran sambil tetap menjaga asupan makanan Anda adalah cara terbaik. (Foto: Lily Kale & Caramel/Pinterest)

Jakarta: Menurut penelitian yang disampaikan oleh Federation of America Societies for Experimental Biology orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan dan mengonsumsi sekitar setengah mangga sehari dalam 12 minggu tercatat mengalami penurunan kadar gula darah yang signifikan.

Hasilnya juga dapat berpengaruh pada orang-orang dengan berat badan normal juga, ujar penulis dari studi tersebut Edralin Lucas, Ph.D.

"Kekuatan utama dari mangga terletak pada senyawa aktif seperti polifenol yang bisa menghambat perkembangan sel lemak dan mengurangi ukuran dari sel lemaknya," kata Lucas. Buahnya juga tinggi akan kandungan seratnya mengurangi penyerapan gula.


(Kekuatan utama dari mangga terletak pada senyawa aktif seperti polifenol yang bisa menghambat perkembangan sel lemak. Foto: Gotta-be-skinny-for-me.tumblr.com/Pinterest)

(Baca juga: Intip 5 Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan)

Meskipun penelitian tersebut masih merupakan penelitian awal, satu potong buah mangga mengandung 100 kalori dan merupakan makanan tambahan yang sehat dan aman bagi diet apapun.

"Namun apa yang terbaik untuk tetap menjaga kadar gula darah Anda? Olahraga dan banyak mengonsumsi buah dan sayuran sambil tetap menjaga asupan makanan Anda," ujar Lucas.








(TIN)