Studi: Mengumpat Memiliki Manfaat bagi Anda

Raka Lestari    •    Jumat, 05 Jan 2018 07:00 WIB
kesehatan
Studi: Mengumpat Memiliki Manfaat bagi Anda
Dikutip dari Womenshealthmag.com, dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa dokter dan pilot tidak dapat melakukan pekerjaannya dengan baik saat mereka dilarang untuk mengumpat. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Beberapa studi menemukan bahwa mengumpat atau mencaci maki dapat membantu menahan rasa sakit, menghilangkan stres, dan bahkan bisa menambah kedekatan dengan beberapa teman Anda, dikutip dari Womenshealthmag.com. 

Mengumpat, mencaci maki, atau bahkan berbicara kasar dapat menurunkan tingkat adrenalin yang bisa menimbulkan dan menstimulasi mati rasa.

Bahkan, dikutip dari sumber yang sama dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa dokter dan pilot tidak dapat melakukan pekerjaannya dengan baik saat mereka dilarang untuk mengumpat atau mencaci maki karena kehilangan cara untuk melepas stres saat sedang berada dalam situasi tekanan tinggi. 


(Dikutip dari Womenshealthmag.com, dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa dokter dan pilot tidak dapat melakukan pekerjaannya dengan baik saat mereka dilarang untuk mengumpat. Foto: Pixabay.com) 

(Baca juga: Ini Alasan Mengapa Anda Kesal dengan Suara Seseorang Ketika Mengunyah Makanan)

"Kita semua mengumpat untuk alasan tertentu dan tentunya ada maksud dibalik sikap kita tersebut. Ketika kita mengucapkan kata-kata yang dianggap tabu oleh masyarakat, bisa dibilang kita melakukan sebuah pelanggaran kecil," ujar Emma Byrne, seorang psikolog dari Amerika Serikat.

Ia juga mengatakan bahwa dengan mengumpat atau mencaci maki dapat menjadi cara untuk menunjukkan empati atau membangun sebuah kepercayaan. 

Orang-orang yang sering mengumpat atau mencaci maki dianggap sebagai orang yang lebih jujur karena biasanya mereka akan mengumpat atau mencaci maki saat mereka menganggap bahwa lingkungan mereka sudah seperti teman sendiri dan merasa sudah nyaman berada dalam lingkungan tersebut.

Mereka tidak mungkin mengumpat di sembarang tempat apalagi di tempat dimana mereka tidak merasa nyaman di lingkungan tersebut. Atau jika ingin mengumpat carilah dahulu tempat yang lebih privasi agar terasa lebih nyaman. 










(TIN)