Keju Dapat Mendukung Kesehatan Jantung Anda

Torie Natalova    •    Kamis, 12 Oct 2017 06:00 WIB
kesehatan
Keju Dapat Mendukung Kesehatan Jantung Anda
Sebuah studi baru yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan keju penuh lemak justru dapat membantu mendukung kesehatan jantung Anda. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat sedang diet, salah satu makanan yang akan Anda hindari adalah keju. Seperti diketahui, keju penuh dengan lemak dan kalori sehingga dapat mengganggu proses penurunan berat badan.

Tetapi, sebuah studi baru yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan keju penuh lemak justru dapat membantu mendukung kesehatan jantung Anda.



Dilansir dari Redonline.co.uk, peneliti dari University of Copenhagen Denmark mempelajari 139 orang dewasa selama 12 minggu. Satu kelompok mengonsumsi 80 gram keju lemak tinggi setiap hari, satu kelompok mengonsumsi 80 gram keju rendah lemak dan kelompok ketiga tidak mengonsumsi keju tapi makan 90 gram roti selai setiap hari. 

(Baca juga: Tebak Kepribadian Melalui Keju Favorit Anda)

Kemudian, mereka mengukur kadar HDL atau kolesterol baik dan LDL atau kolesterol jahat seluruh peserta studi. Hasilnya, ditemukan bahwa perubahan kadar kolesterol buruk tidak berbeda secara signifikan antara subyek yang mengonsumsi keju biasa dan keju rendah lemak.

Kadar kolesterol baik cenderung lebih tinggi di antara subyek yang makan keju penuh lemak jika dibandingkan dengan subyek yang tidak mengonsumsi keju sama sekali.



Faktor kesehatan lainnya seperti insulin, glukosa, trigliserida, tekanan darah dan lingkar pinggang, tidak berbeda jauh di antara ketiga kelompok tersebut.

Laporan lain juga mencatata bahwa ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa keju meningkatkan kesehatan dan metabolisme hati. Ahli gizi mengatakan kepada Time bahwa keju adalah sumber protein, kalsium dan vitamin D yang baik selama dikonsumsi dalam porsi tak berlebihan.










(TIN)