Membuat Anak Bersemangat Menyikat Gigi

   •    Kamis, 19 Oct 2017 11:46 WIB
kesehatan anakkesehatan gigi dan mulut
Membuat Anak Bersemangat Menyikat Gigi
Ilustrasi. (Thinkstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bukan rahasia lagi bahwa mengurus anak kadang terasa begitu sulit, terutama jika melibatkan mereka dalam melakukan hal yang tidak disukai. Misalnya menyikat gigi.

Bagi banyak orang tua, menyarankan agar mengajarkan anak merawat gigi sedini mungkin lebih mudah untuk diucapkan ketimbang realisasi. Sementara di mata anak, perawatan gigi dianggap sebagai kegiatan yang membosankan. Karenanya bukan hal aneh jika anak malas melakukannya.

Melansir Gulfnews, Dokter Gigi Anak Zeina Armouche yang juga anggota Asosiasi Dokter Gigi Anak Internasional punya beberapa trik yang mungkin bisa menjadi rujukan bagi para orang tua agar kegiatan menyikat gigi pada anak terasa lebih menyenangkan.

Mulai dengan sikat dan pasta gigi ramah anak
Belilah sikat gigi yang akan disukai anak-anak. Pilihan bentuk superhero atau princess mungkin menjadi favorit mereka. Membawa serta mereka ke toko juga ide bagus, biarkan mereka memilih sikat giginya sendiri agar anak lebih semangat untuk menyikat gigi.

Sementara pasta gigi mint terasa menyegarkan dan bersih bagi orang dewasa, anak sering tak menyukai rasa tersebut. Sensasi mint justru bagi sebagian besar anak terasa menyakitkan. Pilihlah pasta gigi dengan rasa buah dan sesuaikan dengan usia mereka.

Baca juga: Kebiasaan Membersihkan Mulut Ini Dapat Menjaga Kesehatan Gigi

Berikan contoh
Tunjukan kepada anak bagaimana Anda merawat gigi Anda sendiri. Menyikat gigi, menggunakan dental floss dan berkumur bersama anak untuk memberikan mereka contoh bagaimana merawat gigi dengan benar.

Sebagai aturan umum, dokter gigi biasanya menyarankan agar Anda menyikat dan membersihkan gigi anak Anda sampai dia cukup terkoordinasi untuk mengikat tali sepatunya sendiri, biasanya usia 6 tahun. Namun di usia tersebut Anda masih harus tetap terlibat untuk memastikan mereka menyikat gigi dengan benar.

Beri penghargaan
Jika terlalu sulit memaksa anak-anak untuk menyikat gigi, cobalah dengan sistem penghargaan sementara. Berikan waktu sekitar 15 menit untuk mereka menyikat gigi sebelum tidur atau ganjar mereka dengan sarapan favorit jika mereka menyikat gigi lebih dulu.

Baca juga: Memilih Pasta Gigi Anak

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Pemeriksaan dan perawatan gigi rutin adalah upaya preventif untuk membuat anak memiliki aset senyum yang menawan. Pemeriksaan gigi rutin akan membantu mereka mengatasi permasalahan gigi sejak dini. Pemeriksaan rutin akan mencegah sakit dan kondisi kronis di kemudian hari.

Perawatan gigi yang tepat sedini mungkin untuk memastikan kesehatan gigi dan gusi mereka seumur hidup. Membantu anak-anak bersemangat merawat gigi adalah bagian penting dalam membangun kebiasaan hidup sehat bagi mereka.


(MEL)