6 Alasan Si Kecil Terbangun Tengah Malam

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 10 Nov 2017 10:57 WIB
6 Alasan Si Kecil Terbangun Tengah Malam
Gas dan asam lambung pada bayi sangat membuat tidur tak nyaman, terutama bila muncul pada malam hati. (Foto: Carlo Navarro/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bayi yang terbangun sewaktu-waktu adalah salah satu hal yang umum dihadapi para orangtua. Oleh karena itu, mereka harus siap siaga ketika si kecil terbangun kapan saja.

Banyak orang berpikir bahwa penyebab bayi terbangun adalah kelaparan. Padahal ada hal-hal lain membuat tidur mereka terganggu, seperti berikut.

(Baca juga: 5 Tips agar Bayi Tidak Rewel Saat Musim Panas)

1. Gigi tumbuh
Proses pertumbuhan satu ini akan membuat bayi merasa tak nyaman dan sulit untuk ditenangkan. Tak hanya di siang hari, rasa sakit yang muncul di malam hari juga tak jarang membuat si kecil terbangun dan menangis karena tak kuat.

2. Popok basah
Ini adalah salah satu alasan paling umum si kecil terbangun tengah malam. Oleh karena itu, pakaian popok yang bisa menampung cukup banyak cairan agar bayi tetap merasa nyaman selama tertidur.



3. Tidur siang 
Waktu tidur bayi memang penting, oleh karena itu orangtua terkadang tak mempermasalahkan bila anak tidur di siang hari lebuh lama. Padahal, jam tidur malam lebih berpengaruh pada bayi dalam masa pertumbuhan. Ketika bayi tidur siang dengan durasi cukup lama, maka jam tidur di malam hari akan terganggu dimana ia akan terbangun di malam hari dan sulit untuk kembali tidur.

4. Tidak sehat
Batuk dan pilek membuat si kecil sulit beristirahat karena mengalami gangguan seperti hidung tersumbat, berair, dan terbatuk sehingga tak jarang dia terbangun saat tidur malam.

5. Gangguan pencernaan
Gas dan asam lambung pada bayi sangat membuat tidur tak nyaman, terutama bila muncul pada malam hati. Bahkan, kolik kecil yang dialami si kecil dapat memicu gangguan tidur.

6. Suhu ekstrem
Bayi masih belum bisa menentukan baju untuk setiap musim. Oleh karena itu, sebaiknya orangtua memilihkan pakaian yang tepat dan sesuai dengan cuaca. Untuk tidur, sebaiknya pilih bahan pakaian katun lembut untuk si kecil dengan suhu udara yang pas. 








(TIN)