Brokoli dan 6 Makanan Ini Bantu Redakan Stres

Nia Deviyana    •    Minggu, 13 Aug 2017 12:39 WIB
tips kesehatan
Brokoli dan 6 Makanan Ini Bantu Redakan Stres
(Foto: Eatrightontario)

Metrotvnews.com, Jakarta: Stres tak hanya berpengaruh terhadap kesehatan mental, tetapi juga fisik. Tak mengherankan, jika orang yang sang dilanda stres akan merasakan tubuhnya lemas dan tak bergairah dalam beraktivitas. 

Sembari mencari solusi atas permasalahan Anda, redakan stres Anda dengan 7 makanan ini seperti disitat dari Times of India.

1. Yogurt

Dijelaskan Dr Shikha Sharma, selain baik untuk pencernaan, yogurt akan meningkatkan tingkat serotonin dalam otak. Selain itu, protein yang ada didalamnya mampu meredakan stes. Jika Anda bosan, coba yogurt dengan rasa buah atau rasa lainnya.

2. Cokelat

Cokelat hitam dapat menurunkan kadar hormon stres dan meningkatkan ketidakseimbangan bio-kimia yang berhubungan dengandepresi. Cokelat juga mengandung bahan yang dikenal dengan stimulan suasana hati, yang bisa memberi efek layaknya sedang jatuh cinta.

3. Jeruk dan almond

Menurut dokter Shikha, buah jeruk memiliki gula alami dalam menekan stres. Manfaat sama juga bisa diperoleh dari almond yang dikemas dengan vitamin B2, vitamin E, magnesium, dan seng.

4. Teh Herbal

Teh  herbal memiliki manfaat dalam menjaga berat badan. Terutama teh chamonile, teh melati, teh tulsi dan varian herbal lainnya. Mengonsumsi teh herbal juga bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks.

5. Ikan

Ikan mengandung vitamin B, terutama vitamin B6 dan B12. Vitamin B12 merupakan salah satu vitamin yang juga terlibat dalam proses pembuatan serotonin kimia otak, hormon yang memicu rasa senang.

7. Brokoli

Brokoli memiliki asam folat yang mampu membantu menghilangkan stres, kecemasan, panik, dan depresi. Brokoli juga memiliki kandungan serat yang tinggi, dapat mengobati sindrom iritasi usus besar yang merupakan salah satu efek jangka panjang dari stres.


(DEV)