7 Manfaat Menyantap Buah dengan Kulitnya

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 07 Jul 2017 07:00 WIB
kalbe nutritionals
7 Manfaat Menyantap Buah dengan Kulitnya
(Foto:Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Buah memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperbanyak asupan buah. Saat menyantap buah seperti apel dan pir, apakah Anda mengupasnya terlebih dahulu atau langsung makan bersama kulitnya?

Sebagian orang tak suka makan buah dengan kulitnya karena menganggap kulit adalah lapisan terluar dan rentan kotoran. Tapi siapa sangka, makan buah dengan kulitnya memiliki khasiat tersendiri. Apa saja?

1. Sumber fitokimia

Jika diamati, buah memiliki warna kulit beraneka macam. Warna-warna inilah sumber fitokimia yang baik bagi tubuh. Memakan buah dengan kulitnya dapat membantu menjaga nutrisi buah tetap utuh saat diterima tubuh.

2. Antioksidan

Buah beri, seperti stroberi, bluberi, raspberi adalah beberapa buah yang kulitnya mengandung sumber antioksidan, seperti tanin, antosianin, dan katekin. Sementara bila kulit buah berwarna kuning, berarti mengandung xanthin, lutein, dan sebagainya. Tubuh membutuhkan antioksidan yang baik agar kulit tetap bercahaya, mencegah penuaan dini, dan menangkal radikal bebas.

3. Lebih banyak serat

Selain di daging buahnya Serat juga terdapat pada kulit buah yaitu serat tak larut  kulit buah mengandung serat tak larut. Ini merupakan solusi yang baik untuk mengatasi konstipasi. Beberapa buah, misalnya apel, mengandung pektin yang membuat kolesterol tetap terkendali dan menyeimbangkan gula darah.

4. Mengontrol kalori

Bila ingin menurunkan berat badan, Anda perlu mengonsumsi buah dengan kulitnya untuk efek yang lebih mujarab. Kulit buah mengandung serat tidak larut, sehingga dapat menghindari Anda dari masalah sembelit, dan mencegah asupan kalori berlebihan.

5. Sumber vitamin dan mineral

Ada banyak kulit buah yang mengandung sejumlah vitamin dan mineral tinggi. Contoh, jambu dan sitrus seperti jeruk. Kedua buah tersebut kaya vitamin C, zat besi, dan potassium.

6. Menyembuhkan asma

Salah satu penelitian terbaru membuktikan bahwa buah markisa memiliki khasiat sebagai bronkodilator (obat pelancar pernafasan). Buah tersebut dapat menenangkan pasien asma dengan membersihkan bronkospasme dari saluran nafas. Markisa juga membantu meringankan batuk berkepanjangan akibat asma.

7. Pengobatan alami alzheimer

Bagi pengidap alzheimer, makan anggur bersama kulitnya akan membantu pengobatan secara alami. Kulit anggur mengandung resveratrol yang merupakan fitokimia, yang tidak hanya membantu pengobatan penyakit ini saja, namun juga mencegah kanker dan penyakit jantung.

8. Menenangkan peradangan

Kulit buah persik adalah sumber vitamin A dan C yang baik, dan punya antioksidan khusus yang menenangkan peradangan.

Jika Anda tak sempat makan buah langsung, Anda bisa mengonsumsi Original Love Juice untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh setiap hari. Ini adalah jus asli dalam kemasan dengan kandungan buah lebih banyak dan lebih tinggi serat.

Bagi konsumen dengan mobilitas tinggi, tersedia Original Love Juice kemasan 300 ml yang praktis. Sementara, untuk memenuhi kebutuhan keluarga tersedia kemasan 1 dan 2 liter.

Produk ini dapat ditemukan di minimarket, supermarket, dan hypermarket serta seluruh retail di Indonesia. Tersedia dalam lima pilihan rasa buah yaitu sirsak, pomegranate (delima),mangga, jeruk, jambu, dan apel.

Dapatkan kebaikan manfaat buah setiap hari hanya dalam Original Love Juice. Love Your Health.


(ROS)