5 Tanda Nyeri Punggung yang Tak Boleh Diabaikan

Torie Natalova    •    Kamis, 13 Jul 2017 10:53 WIB
tips kesehatan
5 Tanda Nyeri Punggung yang Tak Boleh Diabaikan
(Foto: Spineuniverse)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nyeri punggung bisa sangat mengganggu aktivitas harian sehingga Anda menjadi tidak produktif bekerja. Berdasarkan surbey yang dilakukan Centers for Disease Control, wanita lebih riskan mengalami nyeri punggung bawah daripada pria.
 

Umumnya, nyeri punggung dapat hilang dengan sendirinya. Tetapi, jika sakit punggung yang dialami tak kunjung sembuh lebih dari enam minggu, terutama dengan 5 gejala ini, ada baiknya segera periksakan ke dokter agar dilakukan penanganan yang tepat.
 
1. Nyeri punggung disertai sakit pada kaki
 
Jika Anda memiliki rasa sakit yang memancar dari daerah punggung atau pantat sepanjang kaki dan masuk ke kaki, itu tanda ada sedikit iritasi pada saraf. Meski bisa sembuh sendiri, iritasi akar saraf bisa menyebabkan mati rasa, kesemutan, lemah otot dan rasa sakit yang terus menerus.
 
2. Nyeri punggung disertai masalah keseimbangan
 
Seiring bertambahnya usia wanita, mereka mengembangkan risiko patah tulang yang berkaitan dengan osteoporosis. Jika Anda mengalami nyeri punggung dan merasa jalan tidak seimbang, sebaiknya jangan disepelekan.
 
3. Nyeri punggung disertai masalah usus atau kandung kemih
 
Masalah dan gejala lain yang tidak boleh diabaikan adalah inkontinensia usus atau kandung kemih yang sakit hingga pangkal paha. Gejala akut ini bisa jadi tanda sindrom cauda equina, kondisi langka yang memberi tekanan saraf di bagian bawah sumsum tulang belakang yang terhubung ke panggul Anda. Ini bisa menjadi masalah yang sangat serius.
 
4. Nyeri punggung dan reaksi tubuh keseluruhan
 
Dalam beberapa kasus, seluruh tubuh pasien mulai merespon rasa sakit dalam bentuk demam, menggigil dan berkeringat di malam hari. Ini adalah tanda bahwa seluruh tubuh Anda mengalami reaksi terhadap sesuatu. Nyeri punggung yang disertai masalah ini bisa jadi pertanda adanya infeksi lain dalam tubuh sehingga membutuhkan perawatan segera.
 
5. Nyeri punggung hingga kaki pincang
 
Jika Anda mengalami kelemahan kaki di kedua sisi tubuh Anda atau hingga terpincang-pincang, Anda harus segera ke dokter untuk mengatasi kerusakan saraf. Jika diabaikan, kelemahan otot bisa menjadi permanen dan tentunya berbahaya.




(DEV)