Akupunktur Bantu Redakan Nyeri Menstruasi

Nia Deviyana    •    Senin, 24 Jul 2017 12:23 WIB
studi kesehatan
Akupunktur Bantu Redakan Nyeri Menstruasi
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nyeri menstruasi, meski umumnya tak berbahaya, bisa sangat menyiksa. Banyak perempuan menjadi tidak produktif dan tak mampu beraktivitas kala mengalaminya.

Untuk Anda yang cukup takut mengonsumsi obat-obatan, terapi akupunktur bisa menjadi solusi untuk mengurangi nyeri hingga 50 persen.

Nyeri menstruasi atau dikenal dengan dismenore memengaruhi hingga 95 persen wanita yang tengah menstruasi, menurut laporan yang diterbitkan dalam Jurnal Human Reproduction Update.

Dismenore diklasifikasikan menjadi dua jenis, primer dan sekunder. Sekunder mengindikasikan adanya kelainan pada rahim seperti endometriosis atau fibroid uterus.

Studi mengenai efektivitas akupunktur dipimpin oleh periset Australia, Dr Mike Armor dari National Institute of Complementary Medicine.

Peneliti menganalisis 74 wanita dewasa berusia antara 18-45 tahun yang diduga mengalami dismenore primer. Partisipan dibagi secara acak menjadi empat kelompok, dua dengan frekuensi nyeri tinggi, dan dua lainnya dengan frekuensi nyeri yang rendah.

Salah satu dari masing-masing kelompok menjalani akupuntur manual dan elektroakupunktur, dimana jarum terhubung ke alat yang mentransmisikan impuls listrik ke tubuh.

Hasilnya, wanita yang menjalani akupuntur lebih sering mengalami perbaikan kondisi yang lebih signifikan.

"Percobaan akupunktur berhasil menunjukkan penurunan intensitas nyeri dan peningkatan kualitas hidup pada wanita yang mengalami dismenore. Namun, frekuensi atau seberapa sering dilakukan dapat memengaruhi hasilnya," kata Dr Armor seperti dilansir Medical News Today.

Manual atau elekto-akupunktur?

Periset menemukan, lebih dari setengah wanita yang menjalani akupunktur manual mengalami penurunan nyeri hingga 50 persen




(DEV)