Teliti Deteksi Kelainan Jantung pada Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 15 Sep 2017 10:00 WIB
kesehatan jantung
Teliti Deteksi Kelainan Jantung pada Anak
Gejala yang paling umum kelainan jangtung pada anak terlihat adalah warna kebiruan pada bagian bibir atau kuku anak. (Foto: Wisegeek)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyakit jantung koroner pada dasarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu penyakit jantung karena gaya hidup dan bawaan. Bagaimanakah cara mendeteksi penyakit jantung bawaan pada si kecil?

"Penyakit jantung bawaan bervariasi, ada yang langsung terlihat, tapi ada juga yang baru terlihat ketika sudah terjadi komplikasi," terang ahli jantung dr. Siska Suridanda Danny, SpJP(K) dalam dalam konferensi pers Peringatan Hari Jantung Sedunia 2017, Kamis (14/9/2017). 

Ia menambahkan, gejala yang paling umum terlihat adalah warna kebiruan pada bagian bibir atau kuku anak. Selain itu, detak jantung anak juga cenderung tak biasa. "Warna biru muncul karena darah bersih dan darah kotor bercampur dan terlihat pada dua daerah tersebut."



(Baca juga: Jumlah Anak Pengaruhi Risiko Terkena Penyakit Jantung)

Oleh karena itu, dr. Siska menyarankan agar para ibu cermat memerhatikan bila ada sesuatu yang dirasa aneh dan tak biasa. "Kalau ada yang dicurigai, segera kunjungi dokter. Meskipun ternyata salah, setidaknya tahu kondisi anak. Daripada disepelekan dan ternyata benar."

Semakin cepat terdeteksi, maka penanganan yang diberikan akan semakin baik dimana operasi tak selalu menjadi jalan satu-satunya. "Biasanya kelainan yang ditemukan adalah ada lubang dinruang jantung atau jumlah katup jantung yang tak sesuai," ia memberi contoh.










(TIN)