Kenali Penyebab dan Pertanda Keguguran

Raka Lestari    •    Sabtu, 09 Sep 2017 15:22 WIB
kehamilan
Kenali Penyebab dan Pertanda Keguguran
Kenali Penyebab dan Pertanda Keguguran (Foto: parent.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Keguguran dapat didefinisikan sebagai hilangnya bayi dalam kandungan secara tidak sengaja. Umumnya terjadi pada 20 minggu pertama kehamilan. Hal ini biasanya terjadi karena wanita mengalami keguguran sebelum mereka tahu bahwa mereka hamil.

Nah apakah yang menyebabkan keguguran?

Keguguran sendiri tidak disebabkan karena olahraga ringan, melakukan hubungan seks, atau secangkir kecil kopi pada pagi hari.

Menurut American Pregnancy Assiciation (APA) penyebab paling umum keguguran ialah kemungkinan terjadinya kelainan kromosm atau genetis pada janin.

Hal lain yang bisa menyebabkan keguguran yaitu penggunaan narkoba, merokok, minuman beralkohol, atau bakteri yang terdapat pada makanan mentah. Selain itu juga bisa berasal dari tubuh sang ibu sendiri, yaitu kelainan hormonal, kehamilan pada usia lanjut, infeksi, dan beberapa penyakit kronis seperti diabetes atau lupus.

Gejala apa saja yang terjadi saat keguguran?

Bercak pada awal kehamilan memang cukup umum terjadi, namun jika terjadi terus menerus dan berlebihan, Anda bisa segera memanggil dokter kandungan Anda. Meskipun adanya bercak ini tidak selalu menunjukkan adanya keguguran. Bisa jadi ini adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang abnormal pada kehamilan Anda.

Gejala lain yang mungkin saja menjadi gejala keguguran yaitu kram perut yang sangat parah, sakit punggung, hingga adanya gumpalan-gumpalan darah yang keluar.

Sayangnya, tidak ada cara untuk menghentikan keguguran jika gejala-gejala tersebut sudah terjadi. Namun yang terpenting yaitu Anda disarankan pergi ke dokter kandungan untuk mencegah pendarahan atau infeksi.

 


(ELG)