Studi: Kopi Baik untuk Menunjang Olahraga yang Efektif

Torie Natalova    •    Sabtu, 10 Jun 2017 10:54 WIB
kopistudi kesehatan
Studi: Kopi Baik untuk Menunjang Olahraga yang Efektif
Sebuah studi terbaru yang dilakukan di Universitas Sao Paulo menunjukkan bahwa ada hubungan nyata secara ilmiah antara kafein dan olahraga yang lebih efektif. (Foto: Pinterest/Trotter)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kopi, biasanya digunakan banyak orang untuk menambah tenaga dan mengatasi rasa kantuk saat yang tidak tepat. Tetapi, sebuah studi terbaru yang dilakukan di Universitas Sao Paulo menunjukkan bahwa ada hubungan nyata secara ilmiah antara kafein dan olahraga yang lebih efektif.

Profesor Bruno Gualano yang melakukan penelitian ini mengumpulkan sampel yakni para pesepeda pria kompetitif dan membagi mereka dalam beberapa kelompok. 

Pengujian kemudian dilakukan berdasarkan asupan kafein, plasebo dan pil kafein yang setara dengan 4 cangkir kopi yang kuat.



(Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Semangat Pagi Tanpa Minum Kopi)

Dari penelitian itu, Gualano mendapatkan hasil yakni orang dengan tujuan olahraga tertentu untuk membakar 450 kalori, partisipan mengonsumsi pil kafein rata-rata lebih cepat 3,3 persen daripada yang tidak. Kenaikan yang sama juga dialami oleh semua kelompok dimana mereka mengonsumsi pil kafein dan melakukan olahraga lebih efektif.

Meskipun Gualano belum memiliki batasan terkait penelitiannya, tapi ia meyakini bahwa kafein dalam kopi pagi Anda tidak hanya bagus untuk meningkatkan kewaspadaan tapi juga mendorong olahraga atau latihan otot tubuh Anda.








(TIN)