Cegah Penyakit Arteri Koroner, Perbanyak Asupan Sayuran Hijau

Nia Deviyana    •    Minggu, 09 Jul 2017 19:45 WIB
kesehatan jantung
Cegah Penyakit Arteri Koroner, Perbanyak Asupan Sayuran Hijau
(Foto: triadhealthcenter)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi baru menemukan, bahwa lutein - senyawa yang memberi warna pada beberapa sayuran dan makanan hewani - ternyata dapat mengurangi peradangan kronis penyebab penyakit arteri koroner, jenis penyakit jantung yang paling banyak diderita.

Dalam laporan yang dimuat dalam Jurnal Atherosclerosis, para peneliti dari Linkoping University di Swedia menjelaskan bagaimana sistem imun mengambil dan menyimpan lutein untuk melawan peradangan.

Dalam makalah penelitian mereka, Prof Jonasson dan timnya menyoroti sekelompok senyawa yang disebut karotenoid, antioksidan anti-inflamasi.

Lutein, merupakan salah satu pigmen yang dimiliki karotenoid, dapat ditemukan pada bayam, peterseli, dan kangkung. Lutein juga ada pada kuning telur.

Penyakit arteri koroner berkembang akibat proses yang disebut aterosklerosis, dimana ada endapan lemak atau plak di dinding arteri yang bertugas memasok darah ke jantung.

Adanya plak dapat menghalangi aliran darah, menyebabkan beberapa masalah seperti gagal jantung dan aritmia.

Sebelumnya, beberapa penelitian menemukan rendahnya kadar karotenoid dalam tubuh dapat meningkatkan risiko peradangan yang tinggi.




(DEV)