Manfaat Stres yang Datang Sesaat

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 29 Aug 2017 11:51 WIB
stres
Manfaat Stres yang Datang Sesaat
Stres jangka pendek atau disebut juga "eustress" dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan meningkatkan kesenangan psikobiologis. (Foto: Michael Dam/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Stres berkepanjangan dapat menyebabkan kesehatan mental terganggu. Namun, tidak demikian bila gangguan tersebut dialami hanya beberapa saat.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat jika Anda mengalami stres sesaat, misalnya terburu-buru akan terlambat masuk kantor, bagi tubuh.



1. Meningkatkan kemampuan ingatan dan belajar
Stres sesaat atau akut dapat meningkatkan kepandaian sementara. Sebuah studi tahun 2013 menyimpulkan bahwa tekanan dalam jangka pendek dapat meningkatkan kemampuan ingatan dan belajar.



2. Meningkatkan perkembangan pada anak

Sebuah ungkapan lama menyebutkan bahwa ibu hamil mengalami suasana hati paling baik. Mereka menyebutkan bahwa suasana hati, baik atau buruk, dapat mempengaruhi perkembangan bayi dalam kandungan.

Sebuah studi tahun 2006 yang dilakukan oleh John Hopkins University menemukan bahwa bumil yang mengalami stres ringan beberapa kali memiliki anak dengan kemampuan perkembangan dan kemampuan motorik lebih baik dibandingkan bumil yang tak mengalami hal tersebut.

(Baca juga: Tanda-tanda Stres Sudah di Luar Kendali)



3. Meningkatkan sistem imunitas
Umumnya, stres adalah musuh utama kekebalan tubuh karena menekan pertahanan alami dari dalam dan menyebabkan infeksi. Namun, stres jangka pendek memiliki efek berbeda.

Sebuah studi dari Stanford School of Medicine menemukan bahwa hormon yang dipicu oleh stres sesaat dapat meningkatkan kesiapan dan memperkuat  sistem imun.



4. Melindungi dari stres oksidatif
Sebuah studi tahun 2013 menyimpulkan bahwa meskipun stres kronim dapat menyebabkan kerusakan oksidatif dalam tubuh, stres jangka pendek atau disebut juga "eustress" dapat melakukan hal sebaliknya dimana stres tersebut melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan meningkatkan kesenangan psikobiologis.










(TIN)