Sumber Karbohidrat Tak Hanya Ada pada Nasi

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 01 Jun 2017 14:50 WIB
diet
Sumber Karbohidrat Tak Hanya Ada pada Nasi
(Foto: Realsimple)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat Indonesia terbiasa memenuhi asupan karbohidrat dengan mengonsumsi nasi. Namun, masih banyak yang belum tahu jika karbohidrat juga dapat ditemukan pada sayur dan buah.

Karbohidrat sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu mengandung pati dan tidak. Karbohidrat jenis pati atau tepung memiliki kelebihan memberikan tenaga secara instan karena memiliki hasil akhir gula.

Sementara, jenis non pati prosesnya tidak secepat itu, tetapi dinilai lebih baik dalam menyimpan energi.

"Prinsip dari karbohidrat adalah nantinya dicerna menjadi gula untuk kerja tubuh dan menghasilkan tenaga. Makanya, tak masalah kalau kita bergantung pada sayur dan buah," ujar pakar kesehatan dr Tan Shot Yen saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis (1/5/2017).

Ia menambahkan, pemenuhan karbohidrat juga harus didampingi oleh dua makronutrisi lainnya, yaitu protein dan lemak.

Ia juga menyarankan agar tidak terkecoh dengan jenis beras yang terlihat lebih menarik seperti lebih putih atau lebih wangi, biasa dikenal dengan beras refinasi. Produk refinasi adalah produk yang  berasal dari alam tetapi telah dipoles sedemikian rupa hingga terlihat bagus.

"Nasi pulen umumnya terbuat dari beras refinasi yang legit dan manis sehingga membuat orang kecanduan. Tak hanya nasi, produk refinasi juga bisa terdapat pada roti yang empuk atau gula yang putih," terangnya.


(DEV)