7 Cara Praktis Menurunkan Berat Badan

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 04 Aug 2017 12:00 WIB
kalbe nutritionals
7 Cara Praktis Menurunkan Berat Badan
Untuk menurunkan berat badan, dianjurkan latihan kardio dan angkat beban secara rutin (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk memiliki tubuh ramping dan sehat, tidak selalu diperoleh melalui latihan yang ekstra keras hingga membuat badan cidera. Anda hanya perlu menerapkan pola hidup sehat yang benar.

Terdapat beberapa cara untuk memperoleh badan yang ramping dan sehat.

1. Melatih Kekuatan dengan Kardio

Latihan kekuatan sebagai prioritas nomor satu yang diikuti oleh kardio. Latihan angkat beban dua sampai tiga kali seminggu, dan lakukan kardio dua kali seminggu.

2. Tantang Diri Sendiri di Setiap Latihan

Pada saat pertama latihan, Anda mengangkat beban ringan sekitar 2 kilogram (kg). Kemudian bertambah lagi menjadi 5 kg, 15 kg, 20 kg dan seterusnya. Untuk bisa mencampai ke level selanjutnya, diperlukan motivasi pada diri sendiri.

3. Kurangi Asupan Gula

Diet menjadi salah satu yang penting selain berolahraga, seperti mengurangi asupan gula. Mengurangi asupan gula untuk jangka waktu yang lama membantu tubuh menjadi lebih kuat dan sehat.

4. Lupakan Alkohol

Minuman beralkohol menggangu program diet. Ia membuat badan menjadi gemuk karena mengandung kalori tinggi. Selain itu minuman beralkohol dapat menurunkan kemampuan tubuh membakar lemak.

5. Atur Asupan Karbohidrat

Sebaiknya, kurangi makan nasi putih. Sumber karbohidrat lainnya bisa Anda dapat dari nasi merah, biskuit gandum, buah, kentang, dan kacang.

6. Cheating Day

Tidak masalah jika dalam sepekan, Anda melakukan cheating day. Dalam mengikuti program diet, sangat dianjurkan untuk mengonsumi makanan sehat. Namun jika merasa bosan, tidak masalah memanjakan diri satu hari untuk makan apa pun yang menjadi kesukaan Anda.

7. Memilih Protein dan Lemak

Banyak mengonsumsi karbohidrat bukan pilihan yang tepat untuk mengurangi berat badan. Sebaiknya pilih makanan yang mengandung sebagian besar protein dan lemak sehat. Misalnya, sarapan pagi dengan menu daging asap. Makan siang dengan sup sayuran dan ayam potong atau tuna kalengan. Kemudian, makan malam mengonsumsi daging atau ikan bakar dengan sepiring sayuran.

Anda pun masih boleh mengemil, asalkan camilannya tidak tinggi kalori. Pilihan terbaik camilan rendah kalori adalah Fitbar. Selain cocok untuk disantap pada sela jam makan, Fitbar juga cocok dikonsumsi setelah berolahraga.

Kandungan oat, whole wheat, dan quinoa di dalam Fitbar membuat tubuh mendapatkan manfaat serat larut, yakni melunakkan tinja sehingga mempelancar BAB. Serat larut juga mengatur kadar gula darah, dan mencegah sakit jantung dengan menurunkan kolesterol. Manfaat lainnya adalah meningkatkan populasi bakteri baik dalam usus. Serat larut membuat rasa kenyang lebih lama, yang akan membantu Anda dalam menjaga berat badan.

Tak cuma rasanya yang enak, yaitu rasa chocolate, fruits (dengan kismis asli) dan nuts, Fitbar juga rendah kalori yaitu hanya 90 kkal/saji, sehingga tak perlu khawatir berat badan akan naik. Fitbar merupakan camilan bebas kolestrol dan trans-fat, serta gandum yang dapat menjaga kesehatan saluran cerna dan kesehatan jantung, kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi, serta vitamin A, B12, dan C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mau ngemil sehat tanpa ribet? Choose Fitbar, snacking with no worry!


(ROS)