Tangkal Diabetes dengan Buah-buahan Ini

Torie Natalova    •    Kamis, 20 Apr 2017 11:33 WIB
tips kesehatan
Tangkal Diabetes dengan Buah-buahan Ini
(Foto: Good Housekeeping)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain kaya serat, buah mengandung gula alami yang tinggi, yang membuat banyak orang merasa takut terserang diabetes jika mengonsumsinya terlalu banyak.

Faktanya, sebuah studi terbaru telah menunjukkan bahwa makan buah setiap hari ternyata dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit gula darah hingga 12 persen.

Menurut para peneliti di Oxford University, makan buah yang segar setiap hari membantu menurunkan risiko diabetes karena ada kandungan serat dan vitamin yang tinggi.

Setelah memantau hampir 500 ribu orang selama tujuh tahun, tim peneliti menemukan bahwa mereka yang makan buah setiap hari memiliki peluang 12 persen lebih rendah dari perkembangan diabetes, dibanding mereka yang tidak rutin makan buah.

Namun, tim peneliti menyarankan untuk memilih buah-buahan yang tepat. Apel, jeruk, pir dan berries, merupakan buah-buahan yang baik untuk mencegah diabetes karena buah-buahan tersebut dapat menaikkan kadar gula darah Anda secara bertahap dibanding buah-buahan seperti pisang, anggur dan buah tropis lainnya.

Pada intinya, pilih buah yang memiliki kadar gula rendah dan tentu saja dalam kondisi yang segar. Buah-buahan yang dikeringkan atau melalui proses olahan, memiliki tambahan gula dan harus dihindari.

Jenis gula dalam buah yang segar berbeda dengan buah yang telah melalui proses olahan. Menjaga pola makan yang sehat dengan perbanyak buah dan sayuran, sangat bermanfaat untuk kesehatan secara menyeluruh dan mencegah diabetes tipe 2.


(DEV)