Bukan Parfum atau Rambut, Ini yang Membuat Anda Lebih Menarik

Yatin Suleha    •    Senin, 19 Jun 2017 19:19 WIB
psikologi
Bukan Parfum atau Rambut, Ini yang Membuat Anda Lebih Menarik
Menurut studi yang dipublikasikan oleh jurnal dalam Psychological Science, untuk menentukan bagaimana seseorang nampak sempurna ternyata tergantung pada konteksnya. (Foto: Pinterest/Popsug.ar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bukan parfum, potongan rambut Anda, atau makeup yang membuat Anda tampil lebih manarik. Namun, ternyata ada hal yang bisa membuat Ada bisa lebih menarik dibandingkan orang lain, dan ini jauh lebih murah daripada yang Anda pikirkan.

Dalam riset yang disebutkan dalam Rd.com, hal yang menarik dari diri Anda adalah ketika Anda dikelilingi oleh orang yang kurang menarik. Penilaian ini memang terdengar brutal. Namun menurut studi yang dipublikasikan oleh jurnal dalam Psychological Science, untuk menentukan bagaimana seseorang nampak sempurna ternyata tergantung pada konteksnya. 



(Baca juga: Tak Hanya Sehat, 5 Makanan Ini Buat Kulit Terlihat Awet Muda)

Peneliti menanyakan para partisipan untuk menilai foto-foto dari wajah dan menilai "seberapa menariknya" orang tersebut. Tetapi ketika foto yang terpilih disejajarkan dengan wajah lainnya, lalu penilaian dilakukan lagi, tingkat "ketertarikan akan wajah seseorang" meningkat dari angka yang sebelumnya diberikan.

"Hingga sekarang, sudah dipahami bahwa level dari ketertarikan seseorang secara umum adalah stabil," ucap Dr. Nicholas Furl, penulis studi. 

"Jika Anda melihat foto George Clooney hari ini Anda bisa menilai dia sebagai orang yang tampan, dan besok juga Anda menilainya begitu. Hal ini menandakan bahwa dengan siapa Anda berteman kami menyimpulkannya bisa memberikan efek dari penampilan "ketertarikan" seseorang dibandingkan dengan orang lain," ujarnya.



Esensinya adalah studi menyarankan persepsi tentang bagaimana Anda manarik ataukah tidak dikarenakan Anda berada dengan orang yang level "menariknya" di bawah Anda. Namun, jangan berpikir negatif karena berada dikelilingi oleh teman-teman bisa menyehatkan psikologis Anda juga.









(TIN)