6 Makanan untuk Memperkuat Tulang Selain Susu

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 27 Sep 2017 11:24 WIB
kesehatan
6 Makanan untuk Memperkuat Tulang Selain Susu
(Foto: Daily Health Tips)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kalsium adalah nutrisi yang krusial dalam masa pertumbuhan anak. Umumnya, kandungan ini banyak terdapat pada susu.

Namun, bagaimana bila anak tak suka dengan susu? Jangan cemas, berikut adalah beberapa makanan tinggi kalsium yang bisa dijadikan sebagai pengganti susu.

1. Jeruk

Tak banyak yang tahu bahwa selain tinggi vitamin C, buah jeruk juga kaya kalsium.

"Satu buah jeruk mengandung lebih daru 70 mg kalsium, enam persen dari asupan kalsium dalam sehari. Anda mendapatkan banyak kalsium dan vitamin C dalam satu makanan," ujar ahli nutrisi Frida Harju-Westman.

2. Almond

"Kacang memang tak identik dengan kalsium, namun banyak jenis kacang yang kaya akan nutrisi tersebut," jelas Harju-Westman.

Almond adalah salah satunya. Selain itu, kacang ini juga kaya akan protein dalam bentuk alkalin yang membut fungsi imun lebih baik dan berenergi.

3. Sarden

Tak hanya kaya akan lemak omega 3, satu ekor ikan berukuran kecil ini juga mengandung 350 mg kalsium.

"Sarden bisa ditambahkan ke dalam menu makanan sebagai perasa instan, karena mengandung vitamn B 12 dan D," tambah Harju-Westman.

4. Buah ara

Buah musiman ini tak hanya mengandung antioksidan dan serat, tetapi juga 135 mg kalsium dalam lima buah. Namun, perlu diperhatikan bahwa terlalu banyak konsumsi buah ara berarti gula yang masuk ke tubuh juga banyak.

5. Sayur daun hijau

Salah satu contoh dari makanan ini adalah kale yang rendah kalori, tak berlemak, dan tinggi kadar serat dan kalsium. "Saya sangat merekomendasikan sayur ini sebagai cemilan sehat," ujar Harju-Westman.

Selain itu, bayam juga mengandung banyak kalsium. Cara termudah meyantap makanan ini adalah dengan mencampurkannya ke dalam salad atau merebusnya dan memakannya dengan telur dadar.

6. Brokoli

"Tak hanya kaya vitamin A dan mineral seperti magnesium, seng, dan fosfor; brokoli juga tinggi akan kalsium sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh," kata Harju-Westman.


(DEV)