Selain Rajin Cuci Muka, Lakukan Kebiasaan Ini untuk Mencegah Komedo

Raka Lestari    •    Rabu, 20 Sep 2017 17:18 WIB
kecantikan
Selain Rajin Cuci Muka, Lakukan Kebiasaan Ini untuk Mencegah Komedo
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pori-pori hidung adalah salah satu pori-pori terbesar yang ada di wajah Anda, sehingga membuatnya lebih rentan tersumbat kotoran dibandingkan yang lainnya. Sebum dan sel kulit mati bisa masuk ke dalam pori-pori hidung dengan mudah.

Pori-pori biasanya menjadi warna hitam arena sel kulit mati yang terjebak di dalamnya mengandung melanin. Seiring bertambahnya usia, pori-pori Anda juga berkembang, dan produksi sebum pada kulit meningkat.

Jika Anda memiliki komedo di hidung atau di wajah Anda, jangan pernah mencoba untuk memencetnya. Hal ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit, dan juga dapat meninggalkan bekas luka.

Heather Rogers, seorang dermatologis dari Amerika Serikat memberikan tips untuk mencegah terjadinya komedo, berikut seperti dikutip dari Men's Health.

1. Cucilah wajah Anda pada malam hari untuk regenerasi kulit. Gunakan sabun wajah berbusa lembut yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan mengurangi sebum berlebih. Rogers juga mengingatkan untuk tidak menggosok secara berlebihan saat mencuci muka karena akan merusak kulit.

2. Keringkan kulit Anda dengan baik dan gunakan krim yang bisa meregenerasi kulit pada malam hari agar pada pagi harinya wajah Anda menjadi cerah. Penggunaan krim yang bisa meregenerasi kulit juga bisa mendorong keluar isi dalam komedo.

3. Terakhir, gunakan masker yang mengandung arang bambu ke wajah Anda yang sudah dibersihkan. Gunakan masker arang bamboo tersebut satu atau dua kali seminggu. Masker arang bamboo ini bisa mengikat sebum dan kulit mati di pori-pori wajah Anda dan menariknya keluar saat Anda membasuh maskernya.




(DEV)