Berhenti Olahraga Dapat Memicu Risiko Penyakit

Torie Natalova    •    Senin, 22 May 2017 12:23 WIB
olahraga
Berhenti Olahraga Dapat Memicu Risiko Penyakit
Sebuah studi dari University of Liverpool telah menemukan bahwa berhenti berolahraga dapat menyebabkan masalah kesehatan pada orang muda yang sehat. (Foto: Pinterest/brandyusa.tumblr.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda mungkin sudah menjadi anggota sebuah pusat kebugaran dan rutin berolahraga. Tetapi, terkadang Anda merasa lelah dan memutuskan untuk istirahat sejenak dari rutinitas tersebut.

Anda mungkin merasakan tidak ada masalah pada tubuh selama istirahat berolahraga dan merasa baik-baik saja. Namun, sebuah studi dari University of Liverpool telah menemukan bahwa hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan pada orang muda yang sehat.



(Baca juga: Manfaat Olahraga di Pagi Hari)

Secara khusus, ini bisa berarti hilangnya massa otot dan mengenalkan perubahan metabolik, kemungkinan menciptakan risiko diabetes dan penyakit jantung yang lebih tinggi di antara penyakit lainnya dan bahkan kematian dini.

Studi ini melibatkan 28 orang yang sehat dan aktif secara fisik. Mereka kemudian dibatasi untuk melakukan olahraga dengan hanya mengambil 1500 langkah dari 10 ribu langkah setiap hari.

Hasilnya, dari penurunan gerak aktif mereka telah menyebabkan pengurangan massa otot rangka dan peningkatan lemak tubuh dan mengenai bagian tengah dari tubuh yang sering dikenal sebagai faktor risiko pengembangan penyakit kronis yang sangat besar.

Salah satu penulis studi mengatakan, pihaknya cukup terkejut dengan hasil studi karena mengurangi olahraga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Karena itu, peneliti menyoroti hasilnya yang menunjukkan bahwa betapa penting menjaga tubuh tetap aktif secara fisik serta bahaya yang mengintai ketika Anda berada dalam kondisi yang tidak aktif.







(TIN)