Meski Tak Sebaik Daging, 7 Makanan Ini Bantu Penuhi Kebutuhan Vitamin B12

Nia Deviyana    •    Minggu, 28 May 2017 13:47 WIB
diet
Meski Tak Sebaik Daging, 7 Makanan Ini Bantu Penuhi Kebutuhan Vitamin B12
(Foto: Prevention)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penganut diet nabati memang terbukti lebih sehat dibandingkan dengan orang yang terbiasa mengonsumsi daging. Mereka umumnya memiliki tekanan darah yang normal, kadar kolesterol rendah, dan terhindar dari risiko kanker.

Sayangnya, diet nabati saja dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi penting seperti B12, vitamin yang menunjang fungsi otak. Kekurangan vitamin ini biasanya ditandai dengan gejala kelelahan, mual, lemah otot, dan kesemutan di area tangan atau kaki. 

Vitamin B12 memang banyak ditemukan pada daging dan produk hewani. Pada makanan nabati, jarang ditemukan kecuali yang sudah difortifikasi. 

Bagi Anda yang sedang diet, tujuh makanan ini bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 meski tak sebaik daging.

1. Sereal

Awali pagi Anda dengan mengonsumsi sereal atau granola rendah gula. Pastikan selalu membaca tabel gizi, dan pilih sereal yang mengandung minimal 2,4 mikrogram vitamin B12 untuk setiap porsinya. Jika Anda tak menyukai sereal untuk sarapan, Anda bisa memakannya pada siang hari sebagai camilan.

2. Susu sapi

Bagi beberapa orang, laktosa atau gula pada susu sapi dapat menimbulkan gangguan pencernaan. Namun, bagi mereka yang tidak memiliki intoleransi, susu sapi mengandung banyak nutrisi seperti protein, kalsium, fosfor, potasium, dan vitamin B12. Mengandung 1,2 mikrogram vitamin B12 per cangkir, minum 2 cangkir adalah takaran yang direkomendasikan.

3. Telur

Telur tak hanya sarat protein, tetapi juga mengandung 0,6 mikrogram vitamin B12 pada kuning telurnya.

4. Yogurt 

Seperti susu, yogurt yunani banyak mengandung vitamin B12 (1,3 mikrogram per cangkir). Pilihlah yogurt dengan rasa tawar. Untuk penambah rasa, Anda dapat mencampurnya dengan potongan stroberi.

5. Tempe

Makanan yang berasal dari fermentasi kedelai ini mengandung mikroorganisme C. freundii dan K. pneumoniae yang dapat menghasilkan vitamin b12. Namun, tak semua tempe memiliki bakteri yang dapat menghasilkan b12. 

6. Jamur shiitake

Jamur shiitake kering mengandung vitamin b12. Namun, Anda harus mengonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak agar kebutuhan vitamin b12 terpenuhi.

7. Rumput laut ungu (nori)

Lembaran nori memiliki kadar vitamin b12 yang cukup tinggi. Konsumsi 4 gram nori adalah takaran yang direkomendasikan. Gizinya semakin baik jika nori dibuat sebagai bahan baku sushi gulung yang dimakan bersama makanan nabati lainnya. (Prevention)


(DEV)