Menurunkan Berat Badan dengan Jus Lidah Buaya

Raka Lestari    •    Senin, 22 Oct 2018 10:56 WIB
tips kesehatan
Menurunkan Berat Badan dengan Jus Lidah Buaya
(Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Jakarta: Lidah buaya terkenal dengan manfaatnya meringankan luka bakar. Lebih dari itu, jus lidah buaya juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme dan melancarkan pencernaan. 

"Lidah buaya mengandung polifenol, yang merupakan jenis antioksidan, kata Beth Warren, R.D.N., pendiri Beth Warren Nutrition dan penulis Secrets of a Kosher Girl seperti dilansir dari Women's Health

Lidah buaya memiliki vitamin A, C, E, serta vitamin B dan enzim anti-inflamasi dan sterol yang secara teori memang sehat. Namun, terdapat dua jenis minuman berbahan dasar lidah buaya, yaitu yang berasal dari daging lidah buaya yang berwarna bening, dan jus lidah buaya yang berasal dari lidah buaya utuh yang dihancurkan. 

Minuman yang terbuat dari daging lidah buaya terkadang sering ditambahkan sirup dengan banyak gula tambahan daripada daging lidah buayanya itu sendiri, kata Warren. Jenis minuman ini biasanya tidak memberikan manfaat kesehatan dan cenderung sama saja dengan minuman soda lainnya.

Sedangkan jus lidah buaya utuh,  biasanya sering dijual sebagai suplemen diet di toko-toko kesehatan dan toko-toko vitamin dan dipasarkan untuk meningkatkan kesehatan dan melancarkan pencernaan (berkat sifat pencahar).

"Lidah buaya sangat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar yang dapat membuat kehilangan berat badan sementara," ujar Warren. Meskipun demikian, cara itu tetap saja bukan yang terbaik untuk memacu penurunan berat badan jangka panjang. 





(DEV)