Jangan Dibuang, Ini Manfaat Biji Labu untuk Kesehatan

Raka Lestari    •    Minggu, 28 Oct 2018 13:42 WIB
tips kesehatan
Jangan Dibuang, Ini Manfaat Biji Labu untuk Kesehatan
(Foto: Eats)

Jakarta: Selama ini Anda mungkin akan membuang biji labu karena menganggap tidak memiliki manfaat. Padahal sebenarnya satu porsi biji labu atau sekitar satu ons (kira-kira seperempat cangkir) mengandung sekitar 150 kalori, 15 gram lemak sehat, 8 hingga 10 gram protein nabati, dan beberapa gram karbohidrat sehingga baik dikonsumsi orang yang sedang diet.

Sebenarnya masih banyak manfaat biji labu untuk kesehatan. Berikut rangkumannya seperti dilansir Health.

1. Kandungan tinggi magnesium dan mineral

Biji labu merupakan sumber magnesium, mangan, iron, zinc, dan copper yang baik.  Magnesium dapat membantu memperbaiki suasana hati dan meningkatkan kualitas tidur, sedangkan mangan berperan dalam produksi kolagen serta meningkatkan kesehatan kulit dan tulang. Iron dan copper berguna dalam produksi energi, dan zat besi juga membantu mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh. Sedangkan zinc mendukung kekebalan, kesehatan kulit, dan penglihatan. Satu porsi biji labu dapat memenuhi14 hingga 42 persen dari kebutuhan harian untuk mineral.

2. Kaya akan antioksidan

Selain mineral, biji labu ini juga kaya akan antioksidan pelindung sel, termasuk karotenoid dan vitamin E. Selain mengurangi peradangan, antioksidan membantu menangkal penuaan dini dan penyakit kronis.

3. Kaya akan lemak baik

Biji labu adalah salah satu sumber terbaik dari asam lemak omega-3 nabati, yang disebut asam alfa-linolenat atau ALA. Manfaat ALA diantaranya adalah melindungi tubuh dari penyakit jantung, mengurangi risiko pengerasan arteri, dan anti-peradangan.

4. Mengontrol gula darah

Selain kandungan karbohidrat yang rendah dan sumber protein nabati yang baik, penelitian menunjukkan bahwa biji labu membantu melindungi terhadap diabetes tipe 2 atau mengurangi komplikasinya, seperti meningkatkan regulasi insulin, dan melindungi organ terhadap dampak negatif dari diabetes.

5. Meningkatkan sistem imun

Selain seng dan zat besi dalam biji labu, yang merupakan bagian penting untuk fungsi kekebalan tubuh, biji labu juga memiliki sifat anti-jamur dan anti-virus. Ditambah lagi, biji labu juga bukan makanan yang dapat memicu alergi dan intoleransi.

6. Meningkatkan kualitas sperma

Penelitian menunjukkan bahwa biji labu dan minyak biji labu membantu melindungi kesehatan prostat. Kandungan seng bijinya juga dapat mendukung kesuburan pria, karena kadar seng yang rendah dikaitkan dengan penurunan kualitas sperma.


(DEV)