Seri Tonggak Perkembangan Batita

Tonggak Perkembangan Anak Usia 7-12 Bulan

   •    Kamis, 20 Dec 2018 14:10 WIB
perkembangan anak
Tonggak Perkembangan Anak Usia 7-12 Bulan
Selama usia 7 bulan, si kecil mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan pancaindra yang pesat. Bagaimana tonggak perkembangan lainnya? Simak informasi selanjutnya. (Foto: Picsea/Unsplash.com)

Jakarta: Semakin besar dan bertambah usianya, secara bertahap si kecil memperluas lingkup interaksinya. Anak pun mampu melakukan gerakan-gerakan yang terkendali dan disadari. Selama usia 7 bulan, si kecil mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan pancaindra yang pesat.

Pada usia saat ini, si kecil lebih sensitif terhadap suara dan dapat memerhatikan peringatan yang Anda berikan, misalnya ketika Anda mengatakan kepadanya "tidak" seperti yang dilansir dari BabyCenter. Dan perkembangan motorik si kecil pun berkembang semakin pesat.

Anda tidak perlu khawatir kecuali memerhatikan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh si kecil, berikut penjelasannya:

(Baca juga: Tonggak Perkembangan Anak Usia 1-6 Bulan)


(Selama usia 7 bulan, si kecil mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan pancaindra yang pesat. Foto: Colin Maynard/Unsplash.com)

1. Perkembangan motorik
Si kecil sudah mahir merangkak, sambil memegang benda dengan kecepatan tinggi dan merubah posisi dari merangkak, berputar, atau bangkit. Beberapa bayi juga bisa merangkak naik turun tangga tanpa banyak kesulitan.

Ini artinya Anda harus semakin fokus dan mengamankan titik-titik berbahaya di rumah, seperti colokan listrik, sudut meja, atau pagar tangga.

2. Berkomunikasi
Celotehan si kecil kian nyaring dan panjang. Jika diperhatikan, mungkin saja sudah mulai mengeluarkan kosakata asli, seperti “mama” atau “hai”.

3. Indra pengecap
Dengan semakin berkembangnya indra pengecap si kecil, jangan heran bila mulai pili-pilih makanan. Namun, Anda harus tetap melakukan berbagai cara untuk memberikan berbagai variasi makanan. Ini untuk memperkenalkan si kecil dengan berbagai tekstur dan rasa makanan sehingga tidak semakin pilih-pilih makanan.

4. Senang bermain
Selalu luangkan waktu bersama si kecil agar belajar banyak dari sesi bermain. Pada usia ini, si kecil juga sudah bisa menikmati musik. Anda bisa memberikan mainan musik, seperti kerincingan atau menyanyikan lagu kepadanya.

Jika si kecil belum menunjukkan perkembangan seperti bayi pada umumnya pada bulan-bulan tertentu, Anda tidak perlu terlalu cemas. Ingatlah bahwa setiap anak punya tahap pertumbuhan dan perkembangan berbeda-beda.


Maria Fransiska




(TIN)