Sering Sakit Punggung? Bisa Jadi Sepatu Anda Penyebabnya

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 18 Mar 2017 15:10 WIB
kesehatan
Sering Sakit Punggung? Bisa Jadi Sepatu Anda Penyebabnya
Sering Sakit Punggung? Bisa Jadi Sepatu Anda Penyebabnya (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Siapa yang menyangka bahwa barang-barang keseharian adalah penyebab munculnya rasa nyeri. Nyatanya, sebuah penelitian dari British Chiropractic Association menemukan bahwa lima barang dalam lemari pakaian kemungkinan berkontribusi menyebabkan nyeri punggung, sendri, dan leher.

Jenis barang pertama adalah skinny jeans yang sangat umum digunakan para wanita saat ini.

"Pakaian itu membatasi beberapa area seperti pinggul dan lutut untuk bergerak bebas sehingga memengaruhi bagian tubuh lainnya," ujar Tim Hutchful selaku chiropraktor.

Selain itu, tas ukuran terlalu besar juga berperan karena membawa pada satu sisi bahu membuat otot menjadi tak seimbang. Beberapa barang lain yang juga dapat memicu nyeri pada tubuh adalah jaket dengan tudung besar, sepatu hak tinggi atau tanpa penutup belakang, perhiasan yang terlalu besar, dan pakaian kebesaran.

Sepatu tanpa penutup bagian belakang, yang kini tengah menjadi tren, adalah salah satu penyebab utama para wanita mengalami nyeri pada kaki dan punggung bagian bawah karena jenis sepatu ini menimbulkan rasa tegang pada daerah tersebut.

Sebesar 20 persen dari wanita yang disurvei mengaku bahwa mereka adalah pecinta sepatu dengan model semacam itu.

Oleh karena itu, Hutchful menyarankan agar para wanita lebih selektif dalam menggunakan barang-barang, seperti celana ketat, sepatu hak tinggi, tas yang terlalu berat atau barang keseharian. Setidaknya, hindari penggunaan setiap hari agar tubuh bisa beristirahat sejenak.

 


(ELG)