Waspadai 4 Gejala Kanker Kandung Kemih

Torie Natalova    •    Minggu, 05 Mar 2017 07:54 WIB
kamus kesehatan
Waspadai 4 Gejala Kanker Kandung Kemih
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemeriksaan payudara, papsmear dan cek kulit mungkin menjadi skrining kesehatan yang sering dilakukan wanita. Namun, skrining kandung kemih masih belum banyak disadari. Padahal, ini juga penting untuk mendeteksi dini terjadinya kanker kandung kemih.

Kanker kandung kemih sebagian besar memengaruhi pasien di atas usia 65 tahun dan umumnya lebih banyak diderita oleh kaum pria. Namun, menurut ahli onkologi di NYU Langone Medical Center, Arjun Balar, ada lebih dari 18 ribu wanita yang didiagnosis dengan kanker ini setiap tahunnya di Amerika Serikat.

Kanker kandung kemih pada umumnya ditandai dengan gejala sebagai berikut.

1. Darah pada urine

Ini adalah gejala awal yang paling umum dari kanker kandung kemih dan biasanya sering diabaikan oleh wanita karena terkadang tidak diiringi dengan rasa sakit. Selain itu, banyak wanita mengabaikannya karena dikaitkan dengan menstruasi atau menopause. Memang, darah dalam urine tidak selalu berarti kanker kandung kemih tapi penting untuk memeriksakannya ke dokter.

2. Gejalanya seperti infeksi kandung kemih

Gejala kanker dan infeksi kandung kemih sering tumpang tindih. Pasien mungkin mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil, rasa sakit saat buang air kecil atau inkontinensia urine. Apabila Anda mengalami gejala ini dan tidak sembuh dengan konsumsi antibiotik, disarankan melakukan pemeriksaan lebih mendalam.

3. Nyeri yang tak bisa dijelaskan

Nyeri berpotensi terjadi apabila kanker kandung kemih yang sudah berkembang. Rasa sakit bisa terjadi di daerah panggul atau perut. Rasa sakit juga bisa dirasakan di bagian tulang jika kanker telah menyebar ke tulang.

4. Nafsu makan menurun

Kehilangan nafsu makan adalah gejala kanker paling umum. Jika kanker telah tumbuh atau menyebar, Anda mungkin akan kehilangan berat badan atau merasa lelah dan lemah. Memang, ada banyak hal yang dapat mengacaukan nafsu makan. Sebaiknya konsultasi ke dokter terutama jika diiringi gejala lainnya.

Sebagai informasi, menurut National Institute of Health, sekitar 50 persen wanita yang didiagnosis dengan kanker kandung kemih adalah perokok. Merokok merupakan faktor risiko terbesar untuk kanker kandung kemih. Karenanya, apabila Anda menemukan gejala tersebut dan Anda termasuk perokok, segera periksa ke dokter.


(DEV)