Baikkah Infused Water Hangat?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 19 Oct 2016 09:00 WIB
kesehatan
Baikkah Infused Water Hangat?
Infused water dengan air hangat juga memiliki rasa yang kurang terasa dibandingkan infused water menggunakan air dingin yang memberi rasa segar dan awet. (Foto: Blog.weddingsnap)

Metrotvnews.com, Jakarta: Infused water atau air infus sempat menjadi tren pola hidup sehat yang dipraktikkan oleh banyak orang.

Minuman ini adalah air putih yang telah diberi tambahan beberapa potongan buah agar memberikan sensasi rasa tertentu yang berguna untuk kesehatan.

Namun benarkah bahwa minuman sehat ini bisa digunakan untuk menurunkan berat badan dalam waktu cepat?

"Pada dasarnya infused water mengandung ekstrak buah sehingga kalori yang dimiliki juga lebih sedikit dibandingkan air tanpa ekstrak atau air yang mengandung gula. Jadi minuman ini bisa digunakan untuk menurunkan berat badan, tapi tidak dalam waktu singkat," ujar Dr. Grace Judio-Kahl, Msc dalam acara Jakarta Food Editor's Club (JFEC) Gathering, Selasa (18/10/2016).

(Baca juga: Tips Sehat Anya Dwinov, Minum Air Putih 1 Liter Setiap Pagi)

Dr. Grace juga menjelaskan bahwa pilihan buah yang digunakan dalam infused water tidak memiliki batasan tertentu, asalnya tidak disajikan bersama air hangat.

"Ada beberapa jenis buah dimana vitamin di dalamnya akan larut dalam air, seperti vitamin C, dan bila di dalam air panas atau hangat akan rusak," jelasnya.

Selain itu, infused water dengan air hangat juga memiliki rasa yang kurang terasa dibandingkan infused water menggunakan air dingin yang memberi rasa segar dan awet.

Dr. Grace juga tidak menyarankan untuk berlama-lama membiarkan infused water karena hal tersebut dapat menyebabkan terjadi oksidasi pada buah maupun ekstrak saat minuman tersebut didiamkan.

"Untuk mengakalinya, campurkan minuman itu dengan buah yang memiliki rasa asam, biasanya dengan kandungan vitamin C, karena dapat menghambat proses oksidasi," tutupnya.







(TIN)