Waspada, Tisu Toilet Bisa Sebabkan Masalah di Organ Genital Wanita

Torie Natalova    •    Rabu, 19 Oct 2016 10:52 WIB
kesehatan dan produktivitas
Waspada, Tisu Toilet Bisa Sebabkan Masalah di Organ Genital Wanita
Tisu toilet yang mengandung parfum memang bisa membuat vagina Anda wangi, tapi bahan kimia di dalamnya dapat mengganggu pH normal vagina. (Foto: Glamour)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memang wajar Anda panik saat mengetahui bagian vagina Anda mengalami bengkak dan iritasi. Kesehatan vagina sangat penting bagi seorang wanita, karenanya jika ada sesuatu yang tidak beres harus segera ditangani.

Saat vagina iritasi atau bengkak, mungkin Anda akan menyalahkan pasangan saat bercinta semalam. Sebagian lagi mencari tahu apakah ada serangga atau produk organ intim yang dikenakan bisa jadi penyebab iritasi tersebut. Namun, para ahli mengatakan, penyebab iritasi dan bengkak pada vagina Anda bisa jadi karena pemakaian tisu toilet.

Ya, tisu toilet selalu ada di kamar mandi baik itu di rumah, kantor, atau tempat umum lain. "Tisu toilet menurut ahli dapat mengiritasi vulva dan vagina terutama jika Anda memiliki kulit yang sensitif," kata dokter kandungan bersertifikat Pari Ghodsi.

Begitupun dengan pendapat dokter urologi Michael Ingber yang sepakat bahwa tisu toilet bisa sebabkan semua jenis infeksi, jika Anda tidak menggunakannya dengan benar.

Berikut ini adalah beberapa infeksi yang disebabkan oleh tisu toilet dan cara mengatasinya seperti dilansir Glamour.

1. Lecet
Menyeka terlalu kasar bagian vagina dengan tisu toilet dapat membuat luka kecil di bagian vulva Anda. Menurut asisten profesor kebidanan klinis dan ginekologi University of Illnois College of MEdicine Chicago, jaringan di daerah vulva sangat halus, sehingga Anda harus memastikan tidak terlalu kasar saat menyeka vagina.

Lecet pada vagina dapat menyebabkan iritasi, bengkak, dan infeksi jika tidak diobati dengan benar. Jika tak ingin vagina lecet, para ahli merekomendasikan untuk menyeka dengan sentuhan saja bukan menggosok bagian vagina Anda.

2. Infeksi saluran kencing
Uretra yakni tempat air kencing keluar pada wanita, pendek dan bakteri tidak perlu "berjalan" jauh untuk masuk ke kandung kemih Anda. Jika Anda menyeka air kencing dari belakang ke depan vagina, ini dapat memicu infeksi saluran kencing.

Karena, hal tersebut dapat mendorong partikel kotoran yang dapat memicu infeksi maju dan masuk ke dalam uretra sehingga bisa sebabkan infeksi saluran kencing.

(Baca juga: Siasati Adiktif Karbohidrat dengan Cara Berikut)

3. Bengkak
Banyak tisu toilet yang memiliki aroma, pewarna, dan bahan kimia lainnya. Ini dapat mengiritasi kulit Anda dan menyebabkan bengkak. Jika tisu toilet berwarna putih, mungkin saja tisu tersebut mengandung pemutih yang dapat mengganggu vagina Anda. 

Menyeka berlebihan juga dapat membuat vagina bengkak. Cobalah pilih tisu toilet yang lembut dan lap perlahan untuk menghindari bengkak.

4. Infeksi jamur
Tisu toilet yang mengandung parfum memang bisa membuat vagina Anda wangi, tapi bahan kimia di dalamnya dapat mengganggu pH normal vagina dan menyebabkan infeksi jamur. Jika tisu Anda sering menyebabkan masalah pada vagina, cobalah ganti ke jenis hypoallergenic.

Apabila masalah pada vagina muncul setelah ganti tisu toilet, berhenti segera gunakan yang baru. Jika penyakit masih sering muncul, segera kunjungi dokter Anda untuk melihat apakah ada penyebab lain yang terjadi pada vagina Anda.







(TIN)