Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Pendek?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 15 Nov 2016 17:13 WIB
kesehatan anak
Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Pendek?
Agar anak terlahir tak pendek, status gizi ibu harus normal dan sebaiknya tak mudah terkena anemia sebelum hamil. (Foto: Bcdairy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesehatan bayi bergantung pada bagaimana ibu menjaga janin dalam kandungan. Oleh karena itu, asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh pun harus diperhatikan oleh sang ibu.

"Agar anak terlahir tak pendek, status gizi ibu harus normal dan sebaiknya tak mudah terkena anemia sebelum hamil," kata Ketua Umum PERGIZI PANGAN Prof. Dr. Hardinsyah, MS dalam acara BRAND'S Health Award 2016, Selasa (15/11/2016).

Ia juga menjelaskan bahwa berat badan sebelum hamil pun perlu diperhatikan dimana normlanya berada dalam kisaran 18,5-25 untuk indeks massa tubuh (IBM).

(Baca juga: Cara Kerja Musik dan Tari dalam Perkembangan Otak Anak)

Selain itu, pertambahan selama masa kehamilan pun sebaiknya juga dalam taraf wajar, yaitu 8-15 kilogram.

"Namun untuk mereka yang berbadan kecil biasanya tak sampai sebanyak itu pertambahan beratnya karena menyesuaikan dengan proporsi tubuh juga," tambahnya.

Pemenuhan kalsium dalam tubuh anak juga sebaiknya dilakukan sejak berada dalam masa kandungan dimana ibu dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut agar pertumbuhan tulang anak bisa maksimal.

"Ibaratnya bangun tembok, banyak dibutuhkan pelengkap tapi intinya harus ada kerangka yaitu batu bata. Seperti itu juga pertumbuhan anak. Tulangnya diberi asupan terlebih dahulu, baru nanti otot akan ikut berkembang," tukasnya.






(TIN)