Studi Kesehatan: Minuman Probiotik Tingkatkan Fungsi Kognitif

Nia Deviyana    •    Minggu, 13 Nov 2016 19:12 WIB
kesehatan
Studi Kesehatan: Minuman Probiotik Tingkatkan Fungsi Kognitif
(Foto: Mobie)

Metrotvnews.com, Jakarta: Probiotik yang terdapat dalam minuman berfermentasi ternyata berperan dalam meningkatkan fungsi kognitif.

Uji klinis terbaru menemukan bahwa konsumsi minuman yang mengandung probiotik Lactobacillus dan Bifidobacterium selama 12 minggu efektif dalam memperbaiki kerusakan kognitif yag dialami pasien alzheimer usia lanjut.

Selama ini, probiotik dikenal efektif mencegah infeksi pencernaan, sindrom iritasi usus, eksim, alergi, dan penyakit peridontal. Namun, para ilmuwan sudah lama memprediksi bahwa manfaat probiotik juga dapat meningkatkan kognisi melihat adanya komunikasi dua arah antara mikroflora usus, saluran pencernaan, dan otak melalui sistem saraf, sistem kekebalan tubuh, dan hormon.

Uji coba sebelumnya telah dilakukan pada tikus, dan menunjukkan bahwa probiotik mampu meningkatkan memori dan mengurangi kecemasan.

Percobaan lanjutan dilakukan peneliti dari Kashan University of Medical Sciences dan Islamic Azad University. Mereka melakukan studi acak terhadap 52 partisipan perempuan dan laki-laki berusia 60-95 tahun yang menderita alzheimer.

Setengah dari pasien setiap hari diharuskan minum susu sebanyak 200 ml yang diperkaya bakteri probiotik Lactobacillus Acidophilus, L Casei, L Fermentum, Bifidobacterium bifidum. Sementara, setengah partisipan lainnya minum susu tanpa kandungan probiotik.

Pada awal dan akhir periode percobaan, para ilmuwan mengambil sampel darah untuk analisis biokimia, dan melakukan uji kognitif terhadap para partisipan.

Hasilnya, skor rata-rata mereka yang mengonsumsi probiotik meningkat secara signifikan, dari 8,7 menjadi 10,6. Sementara pada kelompok kedua, justru terjadi penurunan skor dari 8,5 menjadi 8,0.

"Ini pertama kalinya suplementasi probiotik telah terbukti bermanfaat bagi manusia yang menderita gangguan kognitif," ujar Profesor Mahmoud Salami dari Kashan University, penulis senior studi tersebut.

Manfaat lainnya, konsumsi probiotik secara rutin juga bermanfaat dalam menurunkan trigliserida atau kolesterol jahat, HOMA-IR dan HOMA-B (penyebab resistensi insulin) pada penderita alzheimer. (Science Daily)
 


(DEV)