Mengenal Sleep Paralysis yang Dialami Kendall Jenner

Torie Natalova    •    Senin, 14 Nov 2016 12:26 WIB
kesehatan
Mengenal Sleep Paralysis yang Dialami Kendall Jenner
Winter merekomendasikan Anda yang sering mengalami ini untuk tidur selama delapan jam dan mencoba mengurangi stres juga cemas. (Foto: Hbz.h-cdn)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lewat acara Keeping Up With the Kardashians, Kendall Jenner mengaku terbangun di tengah malam dan tubuhnya tidak bisa bergerak. Meski semua keluarganya mengatakan kemungkinan ia mengalami kecemasan, namun Kendall merasa tubuhnya bermasalah. Kendall mungkin saja mengalami kondisi yang sering disebut dengan sleep paralysis. 

Apa itu sleep paralysis? Neurologis W. Christopher Winter menjelaskan, sleep paralysis adalah ketidakmampuan sementara untuk bergerak atau berbicara ketika Anda tidur atau bangun. Orang Indonesia mengenal hal ini dengan sebutan rep-repan.

"Kelumpuhan tidur adalah sesuatu yang terjadi setiap malam pada sebagian dari kita, tapi kita tidak menyadarinya," kata Winter.

(Baca juga: Tips Dapatkan Tidur Berkualitas)

Saat Anda bermimpi, otak mengirimkan sinyal bawah tulang belakang Anda yang memberitahu tubuh untuk tidak bergerak. Ini sebabnya Anda bisa bermimpi seperti tenggelam di air, dan tanpa disadari Anda bangun dengan kondisi tempat tidur yang berantakan.

Namun, terkadang Anda mendapatkan kembali kesadaran saat masih merasakan efek dari kelumpuhan dan inilah yang seringkali membuat Anda panik.

Winter mengatakan, kondisi ini masih tergolong normal. Biasanya, sleep paralysis terjadi ketika Anda sedang stres, sering travelling atau memiliki jadwal yang mendadak berubah.

Asisten Profesor kedokteran di Columbia University Jennifer Haythe mengatakan, sleep paralysis bisa menjadi menakutkan. Seperti di Indonesia yang kental dengan nuansa supranatural, sleep paralysis ini seringkali dikaitkan dengan adanya penyusup atau kekuatan supranatural yang menindih tubuh manusia saat tidur.

"Terkadang, orang menggambarkan kondisi ini dengan rasa tekanan pada dada, tersedak atau terengah-engah," kata Jennifer.

Ini terjadi karena otot-otot yang memperluas dada Anda dan menjaga saluran udara terbuka menjadi lumpuh. Sehingga, alasan supranatural pun tidak ada dalam dunia medis.

Kabar baiknya, sleep paralysis ini dapat dicegah atau dihentikan. Winter merekomendasikan Anda yang sering mengalami ini untuk tidur selama delapan jam dan mencoba mengurangi stres juga cemas. 

Obat ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) juga dikaitkan dengan kelumpuhan tidur ini. Karenanya, Anda yang menderita ADHD bisa membicarakan dengan dokter untuk meminta obat pengganti.







(TIN)