Mengapa Bau Feses Tiba-tiba Berubah?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 16 Nov 2016 07:00 WIB
kesehatan pencernaan
Mengapa Bau Feses Tiba-tiba Berubah?
Jadi, ketika bau feses tak normal dalam waktu sehari atau dua hari, besar kemungkinan penyebabnya adalah makanan yang masuk ke tubuh. (Foto: Typeset-beta.imgix)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah Anda merasa bau feses tercium berbeda, lebih parah dari biasanya? Jika iya, itu berarti tubuh memberi peringatan bahwa ada sesuatu yang tak beres terkait kesehatan Anda.

"Bau feses yang tak biasa tergantung pada dua hal: apa yang Anda makan dan bakteri yang terdapat dalam saluran usus," ujar Larry Good, M.D., ahli bagian pencernaan yang berafiliasi dengan Concierge Choice Physicians.

Terdapat 10 triliun mikroorganisme yang tinggal dalam saluran pencernaan internal. Bau yang berbeda tersebut muncul karena gas yang diproduksi dalam usus besar saat serat atau karbohidrat yang tak terserap menjadi terfermentasi.

(Baca juga: Tinggi Serat, Roti Gandum Sehatkan Pencernaan)

Jadi, ketika bau feses tak normal dalam waktu sehari atau dua hari, besar kemungkinan penyebabnya adalah makanan yang masuk ke tubuh.

Namun bagaimana jika hal itu terus terjadi? Segera datangi dokter, terutama jika perubahan tersebut menjadi konsisten. Kemungkinan, ada beberapa penyebab seperti alergi makanan, sindrom intoleran pada usus (IBS) pada nutrisi tertentu, pendarahan di saluran pencernaan tertentu, atau adanya infeksi bakteri akut.

Anda tak perlu malu untuk menceritakan segala perubahan terkait pencernaan Anda, karena dokter sudah tak asing dengan hal tersebut dan semakin detail Anda bercerita, semakin mudah mendeteksi gangguan yang Anda alami.







(TIN)