Mengapa si Kecil Tetap Kurus?

Yatin Suleha    •    Kamis, 10 Nov 2016 16:48 WIB
perkembangan anak
Mengapa si Kecil Tetap Kurus?
Selama berat badannya sesuai dengan standar kesehatan yang dikeluarkan oleh WHO atau Departemen Kesehatan, pada ibu sebaiknya tidak perlu khawatir. (Foto: Woolworthsbabyandtoddlerclub)

Metrotvnews.com, Jakarta: Orangtua mana yang tidak suka jika dibilang bahwa anaknya sehat dan gemuk? Namun ada kalanya seberapa pun banyaknya makan si kecil, badannya tidak kunjung menggemuk.

Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, Guru Besar Pangan dan Gizi IPB memaparkan ada beberapa faktor yang mampu mempengaruhi tinggi rendahnya bobot seorang anak dalam masa pertumbuhannya. Salah satunya adalah karena faktor genetik.

(Baca juga: Cara Kerja Musik dan Tari dalam Perkembangan Otak Anak)

Menurut Prof. Ali Khomsan, jika seorang anak memiliki bakat kurus dan langsing dari ibu serta ayahnya, sebaiknya Anda tidak berharap bahwa ia akan montok seperti batita sebayanya.

"Selama berat badannya sesuai dengan standar kesehatan yang dikeluarkan oleh WHO atau Departemen Kesehatan, para ibu sebaiknya tidak perlu khawatir mengapa anaknya tidak gemuk-gemuk," jelas Prof. Ali.

Malah, Prof. Ali menambahkan jika faktor genetik dalam keluarga menunjukkan bakat gemuk secara turun temurun, sebaiknya Anda tidak menerapkan pola asupan makan yang membuat si kecil jadi makan terus.

Alih-alih harapan Anda agar ia bisa tumbuh sehat dan montok, bisa-bisa malah ia mengalami obesitas. Jika berlebihan, obesitas bisa menurunkan tingkat kecerdasan anak, karena cenderung membuat anak menjadi malas beraktivitas.






(TIN)