Menunda Bangun Tidur Buat Tubuh Lebih Lelah

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 11 Nov 2016 12:22 WIB
kesehatan
Menunda Bangun Tidur Buat Tubuh Lebih Lelah
Ketika kita menggunakan tombol tunda, tubuh mendapat pesan yang membingungkan. (Foto: Independent)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang yang melanjutkan tidur selama beberapa menit lagi dengan cara menekan tombol tunda pada alarm. Ternyata sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan tersebut justru membuat Anda semakin lelah. 

Hal ini dikarenakan waktu tersebut hanya sebentar sehingga tubuh tak memiliki waktu untuk kembali tidur nyenyak. Selain itu, kebiasaan tersebut membuat otak semakin bingung dengan waktu alarm yang sebenarnya sehingga mengacaukan jam alamiah tubuh. 

"Pasang alarm Anda pada waktu dimana Anda butuh bangun," tukas ilmuwan perilaku Dan Ariely dalam sebuah kolom di Wall Street Journal. 

(Baca juga: Kebiasaan Akhir Pekan yang Merusak Pola Tidur)

"Anda mungkin ingin bangun pukul 7 pagi, namun menyetel alarm pukul 6.40 pagi. Kemudian Anda terbangun sebentar untuk menekan tombol tunda, dan pada akhirnya bangun pukul 7.15. dengan strategi tersebut, tubuh tak bisa belajar mengondisikan respons antara mendengar alarm berbunyi dengan benar-benar bangun," terangnya. 

Ia menambahkan, secara umum, tubuh akan lebih baik jika terbiasa bangun dengan satu aturan yang jelas, seperti langsung terbangun saat alarm berbunyi. 

"Ketika kita menggunakan tombol tunda, tubuh mendapat pesan yang membingungkan. Terkadang kita mendengarnya dan langsung terbangun, terkadang kita kembali tidur sepuluh atau dua puluh menit, dan sebagainya," pungkasnya. 

Jika Anda belum siap untuk terbangun di pagi hari, kemungkinan itu berarti Anda kurang tidur. Oleh karena itu, biasakan tidur antara 7-9 jam setiap hari agar tubuh lebih segar. 






(TIN)