Bagaimana Merokok dapat Sebabkan Peradangan?

Torie Natalova    •    Jumat, 04 Nov 2016 16:20 WIB
studi kesehatan
Bagaimana Merokok dapat Sebabkan Peradangan?
Studi merokok membeikan dampak menunjukkan penjelasan bagaimana nikotin berkontribusi untuk menginduksi peradangan. (Foto: Dailymail)

Metrotvnews.com, Jakarta: Merokok memang bisa menimbulkan banyak penyakit mulai dari penyakit jantung hingga kanker. Efek penyebab kanker dari kebiasaan merokok telah dikenal selama puluhan tahun. Tapi, bagaimana merokok berkaitan dengan perubahan kekebalan tubuh, sebelumnya tidak dapat dijelaskan.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi bagaimana merokok dapat menyebabkan perubahan dalam sistem kekebalan tubuh yang kemudian dapat meningkatkan peradangan di seluruh tubuh Anda.

(Baca juga: Istirahat Sejenak Mampu Tingkatkan Produktivitas)

Dalam laporan yang diterbitkan Journal of Leukocyte Biology menunjukkan bahwa, nikotin mengaktifkan sel-sel darah putih tertentu yang disebut neutrofil. Ini merupakan jenis sel darah putih yang terdapat pada sebagian besar mamalia, yang pada gilirannya melepaskan molekul sehingga mengakibatkan peningkatan peradangan.

Studi tersebut menunjukkan penjelasan bagaimana nikotin berkontribusi untuk menginduksi peradangan. Temuan ini memiliki implikasi penting termasuk bentuk-bentuk alternatif dari inhalasi nikotin, seperti vaping yang tidak memiliki bahan kimia lain dari asap rokok, tetapi masih mungkin memiliki efek imunologi yang merugikan.

Selain itu, temuan ini sangat penting untuk menunjukkan kemungkinan adanya terapi baru di masa depan yang dapat mengobati penyakit akibat merokok, yang dapat menyebabkan kematian dini dari beberapa orang di seluruh dunia.





(TIN)