Apakah Penderita Diabetes Tidak Boleh Mengonsumsi Gula?

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 17 Nov 2016 16:39 WIB
diabetes
Apakah Penderita Diabetes Tidak Boleh Mengonsumsi Gula?
(Foto: Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penderita diabetes memiliki kadar glukosa dengan jumlah di atas normal di dalam darahnya. Itu sebabnya, penderita diabetes diminta memerhatikan asupan makanan mereka.

Namun, benarkah mereka harus benar-benar menghindari gula?

"Tak ada pantangan makanan, yang penting diukur dengan baik apa yang masuk ke dalam tubuh," jelas Prof. DR. dr. Achmad Rudijanto, Sp.PD-KEMD selaku Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) dalam program edukasi bertajuk “Cegah, Obati, Lawan Diabetes”, di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Namun, ia menyarankan untuk menghindari konsumsi gula murni yang dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah dengan cepat. Sebaiknya gunakan gula pengganti atau pemanis dalam kadar yang normal, yaitu dua bungkus kecil dalam sehari.

Ia juga menyoroti kebiasaan warga Indonesia yang terbiasa mengkonsumsi makanan memgandung karbohidrat, salah satu sumber meningkatnya glukosa dalam darah.

"Karbohidrat adalah kandungan makanan yang perlu dihitung secara teliti karena ini adalah bahan paling tepat untuk meningkatkan glukosa dalam darah," tambahnya, mengingatkan.

Seperti diketahui, makanan Indonesia kebanyakan didominasi oleh karbohirat seperti nasi, kentang, mie, hingga jajanan pasar.

"Gula tak hanya berasa dari permen atau gula pasir saja, tetapi juga makanan berkarbohidrat yang merupakan sumber gula," tutupnya.


(DEV)