Bagaimana Mengetahui Kram Saat Haid Anda Normal?

Torie Natalova    •    Kamis, 17 Nov 2016 15:47 WIB
kesehatan dan produktivitas
Bagaimana Mengetahui Kram Saat Haid Anda Normal?
Pada dasarnya, apabila Anda merasakan nyeri atau kram perut yang tak tertahankan dan itu terjadi setiap haid tiba, sudah saatnya Anda mengunjungi dokter. (Foto: Self)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat haid, banyak wanita sering mengalami kram perut. Tetapi, bagaimana sering dan parah nyeri perut itu sangat bervariasi dan luas.

Memang, sangat sulit untuk mengetahui bagaimana nyeri haid yang normal. Berikut ini adalah cara untuk mengetahui apakah Anda mengalami kram perut yang tidak parah atau menandakan adanya masalah pada rahim Anda.

1. Kram normal biasanya mudah untuk diobati 
Selain mudah diobati, kram biasanya berlangsung selama tiga atau empat hari di awal periode haid. Lapisan dalam rahim menumpuk setiap bulan untuk mengantisipasi telur yang dibuahi yang akan membutuhkan tempat yang nyaman untuk menanamkan telur di sana.

Ketika tidak terjadi pembuahan, lapisan rahim luruh bersamaan dengan darah. Selama proses ini, bahan kimia yang disebut prostaglandin dilepaskan dan memicu respon inflamasi dan inilah yang memicu kontraksi otto alias kram di dalam rahim.

Menurut Jessica Shepherd asisten Obgyn di University of Illnois College of Medicine Chicago, nyeri yang terjadi benar-benar subjektif. Tingkat rasa sakit mampu dikontrol dengan mengompres perut memakai air hangat atau minum obat pereda nyeri. Kram biasanya terjadi 24 jam sebelum haid mulai dua atau tiga hari ke depan.

(Baca juga: Manfaat Memijat Perut)

2. Terkadang, kram perut Anda masih tergolong normal
Jika Anda mengalami kram yang parah sejak hari pertama hai, ini mungkin pertanda tubuh Anda dalam kondisi normal. Jika seorang perempuan merasakan kram selama beberapa tahun, ini mungkin tanda wanita tersebut memiliki sensitifitas berlebih terhadap prostaglandin. Ini biasanya disebut dismenore primer. Bagi beberapa wanita, rasa sakit bisa dibarengi dengan mual, muntah atau diare.

3. Jika rasa sakit sangat sulit diatasi, ini tanda tidak normal
Jika seorang wanita berada pada titik di mana nyeri haid mengganggu apapun kegiatannya, maka dia perlu pergi ke dokter. Candace Howe, Dokter Kandungan di HM Medis Newport Beach, California mengatakan, jika obat anti radang atau nyeri tidak menyembuhkan kram tersebut, ini tanda nyeri tidak normal.

Jika Anda mengalami kram serupa di luar periode haid Anda dan masa haid Anda terasa sangat buruk, ini juga tidak normal. Dismenore sekuender dapat menjadi hal yang mendasari nyeri ini. Seringkali, kondisi ini ditandai dengan pendarahan yang berat tetapi tidak selalu.

Pada dasarnya, apabila Anda merasakan nyeri atau kram perut yang tak tertahankan dan itu terjadi setiap haid tiba, sudah saatnya Anda mengunjungi dokter. Jangan menunggu hingga sakitnya dan pendarahannya menjadi lebih berat. Anda bisa juga mencoba minum obat pereda nyeri sebelum nyeri haid yang hebat terjadi.







(TIN)