Ganggang Merah Efektif Cegah Penyakit Degeneratif

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 12 Mar 2017 14:59 WIB
tips kesehatan
Ganggang Merah Efektif Cegah Penyakit Degeneratif
(Foto: Naturalhistoru Museum)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebanyakan orang mulai merasakan ada yang tak beres dengan tubuhnya ketika rasa sakit mulai muncul. Padahal, itu berarti penyakit sudah pada tahap lanjut, bukan baru memasuki tahap awal.

"Rasa sakit yang mulai terasa muncul artinya sudah terlambat (dideteksi dini). Oleh karena itu, sebaiknya pencegahan dilakukan sebelum mulai merasa sakit," saran ahli patologi Dr. dr. Gatot Susilo Lawrence, M.Sc, Sp.Pa(K) dalam acara SOHO #BetterU, Sabtu (11/3/2017).

Ia menjelaskan, bentuk pencegahan penting terutama untuk tipe penyakit degeneratif yang kini makin merajalela, seperti diabetes, stroke, atau penyakit jantung.

Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan pendekatan ke dalam molekul dan sel manusia melalui bahan alami Astaxanthin atau ganggang merah yang mengandung antioksidan eksternal (dari luar tubuh) paling kuat. Astaxanthin bekerja sebagai anti-inflamasi dan antioksidan di tingkat sel (mitokondria).

Antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang diperoleh dari berbagai faktor lingkungan seperti polusi udara dan sinar matahari. Jika radikal bebas terus memasuki tubuh, maka antioksidan alami dari tubuh akan menjadi tak seimbang sehingga terjadilah stres oksidatif yang dapat memicu terjadinya penyakit degeneratif.

Astaxanthin sendiri memiliki kekuatan antioksidan yang cukup besar, yaitu enam ribu kali vitamin C, 110 kali vitamin E, 54 kali betakarotin, dan 550 kali katekin teh hijau.


(DEV)