Kebiasaan Makan yang Baik Harus Dibentuk Sejak Sekolah Dasar

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 08 Sep 2016 16:11 WIB
kesehatan anak
Kebiasaan Makan yang Baik Harus Dibentuk Sejak Sekolah Dasar
(Foto: Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebiasaan makan yang baik pada anak terbentuk dari lingkungan, baik rumah maupun sekolah.

Najeela Shihab, psikolog sekaligus founder dari website Keluarga Kita menjelaskan, usia sekolah dasar merupakan masa emas untuk membentuk kebiasaan sehat pada anak.

Jika pada usia ini sudah ditanamkan pondasi yang kuat, akan terus berlanjut hingga dewasa kelak.

Masalahnya, sulit memantau apa yang dikonsumsi anak di luar rumah. Itu sebabnya, orang tua diimbau bekerja sama dengan pihak sekolah.

Baca: Jangan Mengomel jika Anak Susah Makan)

"Orang tua perlu menjalin interaksi yang baik dengan pihak sekolah terkait penanaman nilai positif pada anak, seperti hidup sehat dan pemilihan makanan bernutrisi," ujar Najeela.

Menurutnya, anak-anak seharusnya tidak hanya dituntut untuk mendapatkan nilai tinggi saja di sekolah, tetapi juga pembiasaan hidup sehat. Sebab, makanan sehat secara tidak langsung berpengaruh terhadap fungsi kognitif dan rasa percaya diri pada anak.

Pemahaman kebiasaan sehat di sekolah juga bisa diterapkan melalui materi pelajaran sehari-hari, dengan melakukan diskusi.

Kebiasaan sehat juga bisa diterapkan melalui ekstrakurikuler, field trip, atau permainan yang menyenangkan bagi anak. Fasilitas sekolah seperti kantin pun bisa digunakan untuk mengajari anak bagaimana jenis makanan yang baik dikonsumsi, dengan menyediakan menu makanan yang sehat dan bergizi.


"Dengan demikian, anak-anak memiliki kemampuan untuk memutuskan makanan apa yang baik, dan tak baik bagi dirinya," ucap Najeela





(DEV)