4 Kebiasaan Buruk yang Merusak Pori-pori Kulit

Torie Natalova    •    Senin, 26 Sep 2016 08:00 WIB
tips kesehatan
4 Kebiasaan Buruk yang Merusak Pori-pori Kulit
Kebiasaan memencet jerawat tidak baik untuk pori-pori kuit (Foto: Globo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pori-pori pada kulit memiliki fungsi mengeluarkan keringat dan juga minyak dari dalam tubuh. Kebiasaan tertentu yang Anda lakukan bisa membuat pori-pori membesar dan menyebabkan masalah kulit.

Salah satu kebiasaan yang bisa membuat masalah pada pori-pori yaitu salah menggunakan make up. Ternyata, penggunaan concealer justru bisa menyumbat pori-pori kulit yang memicu masalah kulit seperti jerawat.

Anda bisa menggunakan make up mineral untuk wajah berjerawat yang tidak menimbulkan iritasi kulit.

Selain salah menggunakan make up, berikut ini kebiasan yang bisa merusak pori-pori kulit seperti dilansir Women's Health Mag.

1. Lupa menghapus make up sebelum tidur bisa menyebabkan jerawat dan mempercepat proses penuaan. Selain itu, bisa juga membuat pori-pori membesar. Menghapus make up merupakan lah satu langkah terpenting untuk merawat kulit.

2. Cara terbaik untuk membersihkan pori-pori adalah dengan melakukan scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Itu karena obat pembersih tidak sepenuhnya menghapus sel-sel kulit mati. Lakukan scrub sekali atau dua kali seminggu untuk menghilangkan minyak dan bekas-bekas kotoran, mencegah munculnya jerawat dan mengecilkan pori-pori.

3. Hentikan memencet atau mengambil jerawat. Ketika Anda menekan dan meregangkan kulit, Anda secara tak langsung membentuk garis halus, peradangan dan iritasi yang mempengaruhi ukuran pori dari waktu ke waktu. Gerakan yang kasar dan menekan bisa menyalurkan minyak, bakteri dan kotoran lain dari tangan Anda hingga bisa menyebabkan penyumbatan di pori-pori.

4. Sering menyentuh wajah dengan tangan juga dapat menyebabkan kotoran, minyak, bakteri, virus dan kotoran lain pindah ke kulit wajah. Ada satu cara untuk menghilangkan kebiasaan Anda ini. Cobalah minta teman atau keluarga untuk menyadarkan Anda saat sedang menyentuh area wajah sehingga seiring berjalan waktu Anda bisa lupa kebiasaan butruk ini.

 


(DEV)